Gita Braja Kencana Surabaya Memborong Juara Piala Raja Hamengkubuwono X 2024

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews – Marching Band Gita Braja Kencana (GBK) dari Surabaya mencatat prestasi gemilang dengan memborong piala pada kejuaraan Marching Band Piala Raja Hamengkubuwono X tahun 2024 Sesi 1 yang berlangsung di Yogyakarta, 18-19 Oktober 2024.

Marching band dari SDN Baratajaya Surabaya tersebut merupakan satu-satunya peserta dari Surabaya dan menyabet juara semua kategori di Sesi 1. Untuk nomor Street Parade berlangsung di sepanjang Jalan Malioboro Yogyakarta, Jumat 18/10/2024. Yakni, juara 1 Marching Performance, Juara 1 Street Parade Divisi Junior Brass, Juara 1 Colour Guard dan Juara Umum 3 semua divisi junior.

Nomor Marching Field Show yang berlangsung di GOR Among Raga Yogyakarta, Sabtu 19/10/2024, GBK memborong semua kategori juara. Yakni Juara 1 Marching Field Show, Juara 1 Wind Brass, Juara 1 Colour Guard, Juara 1 Visual, Juara 2 Percusion, Juara 2 Field Commander dan Juara Umum Marching Field Show Divisi Junior Brass.

Rizky Ardiansyah SH, MKn, orangtua salah satu atlit GBK, menyatakan rasa haru dan bangganya tim GBK tersebut menoreh prestasi spektakuler di lomba marching band tingkat nasional ini. Menurutnya, latihan keras dan disiplin para atlit membuahkan hasil gemilang.

“Saya berharap pemerintah kota Surabaya memberikan dukungan dan apresiasi kepada para atlit kita ini, karena mengharumkan nama Surabaya di tingkat nasional” ujar Lawyer ini haru, sambil memeluk anaknya yang membopong Piala Raja.

Piala Raja Hamengkubuwono X merupakan event tahunan kejuaraan nasional terbuka drum band yang sudah dimulai sejak tahun 1979. Awalnya bernama Hamengkubuwono Cup (HB Cup). Namun event ini sempat vacuum selama 20 tahun, sejak 1991 sampai 2011. Pada tahun 2012 kejuaraan nasional terbuka ini dibuka kembali dengan nama Kejuaraan Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono X.

Menurut Ketua Panitia, Nolik Maryono BSc, dibanding tahun-tahun sebelumnya, jumlah peserta tahun ini membludak jauh melebihi target, dari berbagai daerah di Indonesia. Oleh karea itu panitia membagi pelaksanaan kejuaraan dalam dua sesi, dengan waktu berbeda. Untuk sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 16-17 November 2024 di GOR Among Raga Yogyakarta. Sesi kedua ini melombakan nomor konser band, konser marching art dan drumline battle.

Marching Band Gita Braja Kencana memang banyak menoreh prestasi kejuaraan. Tercatat pada tahun 2023, grup drumband yang kesemua anggotanya murid SDN Baratajaya Surabaya ini juga memborong juara dalam Lomba Drumband KONI CUP Surabaya.

Reporter: ahmadh