Wadan Lantamal V Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Monumen Pesawat Nomad TNI AL

Listen to this article

MAGETAN lintasjatimnews – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksma TNI Dr. Arya Delano, S.E., M.Pd., M.Han., diwakili Wadan Lantamal V Kolonel Laut (P) Jani Sujani, S.T., M.Han., M.Tr.Hanla., menghadiri acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Monumen Nomad TNI AL bertempat di Telaga Wahyu, Sarangan, Magetan. Jumat (18/10/2024)

Peletakan batu pertama pembangunan Monumen tersebut dipimpin langsung oleh Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Dr. Yoos Suryono H., M.Tr.(Han)., M.Tr.Opsla yang didampingi Pj Bupati Magetan Nizhamul S.E., M.M., yang menandai bahwa di tempat tersebut pernah dibentuk Spesial Operation. Perlu diketahui bahwa di kota Magetan pernah dilaksanakan pendidikan Spesial Operation yang sangat berjasa besar dalam perjuangan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Dalam amantanya Pangkoarmada I menyampikan, acara peletakan batu pertama ini merupakan simbol untuk memperingati dan mengenang berdirinya pendidikan special operation pertama di Magetan yang diresmikan oleh presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno.

“Semoga pembangunan monumen yang bersejarah ini dapat bermanfaat bagi TNI Angkatan Laut khususnya dan bagi seluruh Bangsa Indonesia pada umumnya,” ucap Pangkoarmada I.

Lebih lanjut Pj Bupati Magetan menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada TNI Angkatan Laut, yang telah mendukung pengembangan Telaga Wahyu sebagai wisata edukasi maritim, dengan telah memberikan hibah 2 unit Pesawat Udara Nomad serta 1 unit Kapal Sekoci eks KRI Tanjung Nusanive kepada Pemkab Magetan.

Peletakan batu pertama oleh Pangkoarmada I diawali dengan peninjauan diorama berdirinya Spesial Operation dan diakhiri dengan peninjauan di lokasi sekitar monumen diikuti oleh Forkompinda Kabupaten Magetan.

Reporter: arahman