Babinsa Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Kosong, Dukung Ketahanan Pangan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Dalam rangka edukasi untuk mendukung ketahanan pangan, Babinsa Koramil 0812/16 Sekaran Serda Muklis bersama Danpos Ramil 0812/16 Maduran jajaran Kodim 0812/Lamongan Peltu Ari mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong untuk dijadikan lahan produktif, Jumat (18/10/2024)

Dengan menanam berbagai macam sayuran seperti Kangkung,sawi, tomat dan lainnya. Kegiatan ini menjadi percontohan untuk mendorong keinginan masyarakat menjadikan lahan yang yang tidak produktif menjadi lahan produktif di pekarangan rumah warga binaannya yang berada di Desa Klagensrampat Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan.

Ajakan Babinsa kepada masyarakat untuk manfaatkan lahan kosong dengan harapan untuk mendukung ketahanan pangan.

Hal ini terbukti berhasil dan masyarakat desa Klagensrampat berlomba menggarap lahan kosong. Mereka didampingi Babinsa dengan memonitoring pemanfaatan lahan untuk mendukung ketahanan pangan warga binaan.

Pemanfaatan lahan kosong di desa Klagensrampat ini terbukti menjawab ketersediaan pangan khususnya sayur di desa sebagai kebutuhan masyarakat Desa Klagensrampat.

Dalam pemanfaatan ini Babinsa Klagensrampat Serda Muklis beserta staf Desa juga mencoba memanfaatan pekarangan kantor Desa dengan menanam sayur mayor. Adapun tujuannya untuk memberikan contoh dan support kepada warga binaan memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah masing-masing.

Sementara itu, Danramil 0812/16 Sekaran Kapten Inf Sobar mengatakan kegiatan ini juga dapat menjadi kontributor dalam pemenuhan kebutuhan pangan di Desa dan Dusun yang terpencil serta memperkuat ketahanan pangan secara mandiri bagi warga masyarakat.

“Kegiatan ini juga dapat menjadikan lingkungan atau pekarangan rumah lebih tertata lebih indah, asri dan nyaman. Ini bisa menjadi contoh bagi warga masyarakat lainnya untuk bisa memanfaatkan setiap lahan pekarangan untuk dijadikan lahan yang bermanfaat,” Danramil 0812/16 Sekaran Kapten Inf Sobar

Reporter Fathurrahim Syuhadi