Ponpes Karangasem Lamongan Gelar Resepsi Milad Ke-76, Ini Agendanya

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah (Ponpes Karangasem) Paciran, Lamongan menyelenggarakan resepsi Milad Ke-76. Pesantren Muhammadiyah yang tertua di Lamongan didirikan KH Abdurrahman Syamsuri, lebih populer dengan panggilan Yiman, tanggal 18 Oktober 1948.

Kini Ponpes Karangasem menyelengggarakan pendidikan formal dan non formal, di antaranya; KB dan TK Aisyiyyah 1, 2, 3, MIM 16 & 20, MTsM 2, SMPM 14, Kulliyatul Muallimat Islamiyah (KMI), MAM 1, SMAM 6, SMKM 8, dan STAI Muhammadiyah. Sedangkan pendidikan non formal, seperti; TAUD dan Madrasah Diniyah (Madin).

Selain itu, Ponpes Karangasem juga mengembangkan amal usaha di bidang kesehatan (RS Arsy dan Klinik Pratama Karangasem). Di bidang sosial, seperti Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Yatim Karangasem, di bidang ekonomi berupa apotik dan toko plastik, serta KBIH Masy’aril Haram Karangasem.

Tahun 2024 Ponpes Karangasem telah berusia 76 tahun, panitia telah menyiapkan beragam kegiatan yang diikuti civitas akademika Ponpes Karangasem. Lebih dari 3.000 peserta didik (siswa, santri, dan mahasiswa), 450 GTK, wali siswa, dan 250 karyawan/pegawai unit usaha yang dikembangkan Ponpes Karangasem.

Tema kegiatan Milad Ponpes Karangasem ke-76, “Karangasem Mendunia; 76 Tahun Berkarya, Berdaya, dan Mengabdi untuk Umat dan Bangsa”. Makna tema tersebut adalah Ponpes Karangasem survive dan alumninya telah menyebar di seluruh penjuru dunia untuk mengabdi kepada umat dan bangsa.

Berdasarkan informasi dari ketua panitia Milad Ponpes Karangasem ke-76, Ni’ayah, SAg menjelaskan, “Tahun ini panitia menyiapkan empat agenda utama yang melibatkan seluruh siswa, santri, mahasiswa, guru dan tenaga kependidikan (GTK), serta karyawan amal usaha di lingkungan Ponpes Karangasem,” jelasnya.

Selanjutnya, wanita yang menjabat Kepala MIM 16 Ponpes Karangasem, “Terima kasih kepada seluruh panitia yang berpartisipasi aktif guna mensukseskan Milad Ponpes Karangasem Ke-76. Semoga seluruh kegiatan yang direncanakan berjalan dengan sukses. Amin,” pungkas alumi STAIM Karangasem.

Sementara itu, Ust Fatih Futhoni, SPdI MPd (Kabag Pendidikan) telah membuat surat edaran kepada seluruh GTK dan peserta didik untuk berpartisipasi dalam semarak kegiatan Ponpes Karangasem Ke-76 Tahun 2024, dengan mengalihkan KBM formal di acara sukses seluruh rangkaian milad.

Berikut ini agenda Milad Ponpes Karangasem Ke-76 Tahun 2024, di antaranya:

  1. Jalan Sehat (16/10/2024)
    Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa, santri, mahasiswa, guru dan tenaga kependidikan (GTK), wali siswa, serta karyawan unit usaha di lingkungan Ponpes Karangasem. Panitia menyediakan hadia sangat menarik, berupa; sembako, sovenir, dan beragam hadiah lain yang menarik
  2. Silaturrahim dan Pengajian (17/10/2024)
    Temu silaturrahim dan pengajian pencerahan antara Pimpinan dan Kabag Ponpes Karangasem, GTK, dan karyawan/pegawai dengan Calon Gubernur Jatim dan Calon Bupati Lamongan. Acara ini telah diagendakan saat keduanya menjabat sebagai gubernur dan bupati.
  3. Lomba Memasak Tumpeng (18/10/2024)
    Kegiatan diikuti seluruh lembaga atau unit usaha di lingkungan, seperti; lembaga pendidikan, LKSA, Rumah Sakit/Klinik, KBIH, dan uni usaha lainnya. Masing-masing diwakili 1 tim dengan ketentuan yang telah diberlakukan oleh panitia
  4. Wisuda S1 STAIM Karangasem (19/10/2024)
    Agenda wisuda sarjana Strata Satu (S1) Sekoleh Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Ponpes Karangasem merupakan bagian dari rangkaian Milad Ponpes Karangasem Ke-76. Kegiatan wisuda bertempat di Aula KH Abdurrahman Syamsuri.

Selamat Milad Ponpes Karangasem Ke-76, semoga senantia istiqamah dalam mengabdi untuk kepentingan umat dan bangsa menuju “Baldatun Tayyibatun wa Rabbun Ghafuur”. Amin.

Reporter: Efendy