PENS dan Perwakilan Industri Nigeria sepakati Kerja sama Pengembangan Electric Vehicle

Listen to this article

TANGERANG lintasjatimnews – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan Perwakilan Industri dari Nigeria, Goldmine Global Services LTD sepakati kerja sama melalui penandatanganan nota kesepahaman,yang dilaksanakan pada acara MoU Signing Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 pada Jumat kemarin (11/10) di Hall Nusantara ICE BSD, Tangerang, Banten. (14/10/24).

Kerja.sama ini meliputi pengembangan dan pemasaran produk rancangan CReATE (Center for Research and Innovation on Transportation Electrification) PENS. Ada dua produk yang menarik perhatian perwakilan Nigeria, yaitu All Terrain Vehicle (ATV) listrik dan sepeda motor sport listrik. Tak hanya Nigeria, beberapa perwakilan delegasi seperti Aljazair dan Saudi Arabia serta pengunjung dari Asia, seperti Korea, Hongkong dan Malaysia juga tertarik dengan produk kendaraan listrik ini.

Ishmael Adegorioye Balogun selaku CEO dari Goldmine Global Services LTD, tertarik dengan teknologi ramah lingkungan yang ditawarkan oleh produk CReATE PENS. Sebagai industri yang bergerak perdagangan internasional berbagai sektor, ia pun menginginkan produk sport bike dan ATV ala PENS bisa dijual di negaranya.

Hal tersebut sejalan dengan misi dari perusahaannya untuk mengembangkan transportasi nol emisi. 

“Teknologi dari politeknik di Indonesia tidak kalah bagus, kami ingin jadi satu-satunya dealer resmi produk CReATE di Nigeria,” pungkas Ishmael, yang juga perwakilan Kadin Nigeria.

CReATE PENS berfokus pada inovasi rekayasa kendaraan listrik, termasuk pengembangan perangkat lunak, perangkat keras, dan prototipe. Dadet pun menjelaskan bahwa  CReATE juga berperan dalam transfer teknologi pada industri kendaraan listrik dan sektor transportasi.

Baik motor ATV maupun sportbike CReATE PENS dirancang untuk mengurangi polusi emisi karbon. Tak hanya itu, kedua produk ini pun menghadirkan transportasi yang efisien dan ramah lingkungan guna mendukung percepatan transisi menuju transportasi berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Diwawancarai di lokasi terpisah, Direktur PENS Aliridho Barakbah menyampaikan apresiasinya terhadap capaian PENS pada giat TEI 2024 ini. “Dengan ditanda tanganinya MoU dengan Nigeria ini, tentunya membuka kesempatan besar bagi PENS untuk merambah Kawasan Afrika. Dan ini menaikkan level PENS di kancah internasional,”tegas Aliridho.

Aliridho pun berharap hal ini dapat menjadi penyemangat civitas untuk lebih mengembangkan potensi kampus melalui berbagai inovasi. “Semangat inovasi ini tentunya harus ditularkan juga kepada seluruh civitas akademika. Semoga ke depan akan makin banyak karya inovasi maupun pengembangan teknologi yang lahir dari laboratorium maupun ruang-ruang workshop yang ada di PENS,”lanjutnya.

Pada TEI 2024 ini, CReATE PENS juga menerima undangan untuk bergabung pada pameran teknologi EV maupun transportasi listrik yang akan digelar di Malaysia, Filipina dan Saudi Arabia.

Reporter: ahmadh