Membanggakan, SMP Negeri 1 Kembangbahu Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2024

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – SMP Negeri 1 Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah nasional dengan meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2024. Penghargaan tersebut

Penghargaan Sekolah Adiwiyata ini diberikan sebagai apresiasi atas komitmen dan dedikasi SMP Negeri 1 Kembangbahu dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Sekolah ini telah mengimplementasikan berbagai program lingkungan hidup, di antaranya pemanfaatan lahan untuk berkebun, budidaya ikan, pengelolaan sampah yang baik, penghematan energi, dan berbagai inovasi dalam melestarikan kelestarian alam.

Dihubungi melalui sambungan WhatsApp, Ibnu Yaqson, S.Pd., M.Pd., Ahad (06/10/2024), Kepala SMP Negeri 1 Kembangbahu menjelaskan bahwa Perjalanan panjang SMP Negeri 1 Kembangbahu menuju Adiwiyata Nasional telah melalui berbagai tahapan. Pada tahun 2019, telah dianugerahi Adiwiyata tingkat provinsi, sekalikgus menjadi pemicu untuk meraih penghargaan adiwiyata nasional.

Lebih lanjut, Yaqson menjelaskan bahwa Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional diterima sebagai bentuk penghargaan atas upaya dan komitmen sekolah dalam menjaga lingkungan serta mengimplementasikan program-program yang berbasis lingkungan hidup.

SMP Negeri 1 Kembangbahu berhasil memenuhi berbagai kriteria Adiwiyata melalui pelaksanaan kegiatan positif yang berdampak langsung terhadap kelestarian alam, seperti pemanfaatan lahan untuk berkebun, budidaya ikan pengelolaan sampah secara efektif, penghematan energi, serta berbagai keanekaragaman hayati di lingkungan SMP Negeri 1 Kembangbahu, papar Yaqson.

Yaqson juga mengungkapkan bahwa dengan penghargaan Adiwiyata Nasional yang diterimanya akan semakin menekankan pentingnya pendidikan berbasis lingkungan bagi siswa di SMP Negeri 1 Kembangbahu. Selain itu, penghargaan ini juga memberikan tantangan baru bagi SMP Negeri 1 Kembangbahu untuk terus menjaga dan memelihara budaya Adiwiyata dan berkomitemen untuk untuk berkerja keras menuju sekolah Adiwiyata Mandiri.

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan SMP Negeri 1 Kembangbahu meraih penghargaan ini adalah hasil kerja tim yang solid. Berikut adalah Tim Adiwiyata SMP Negeri 1 Kembangbahu yang telah berhasil meraih penghargaan Adwiyata Nasional.
Ketua : A. Hasan Mudlofar, S. Pd
Wakil 1 : Suriyantoro, M. Pd
Wakil 2 : Nuraji, S. Pd
Sekretaris : Rizky Andrianto, S. Kom
Wakil Sekretaris : Sugianto, S. Pd
Bendahara : Dra. Wiwik Winarti

Tim tersebut juga dibantu seluruh guru dan tenaga kependidikan yang tergabung dalam beberapa kelompok kerja (pokja).

Bersama dengan SMP Negeri 1 Kembangbahu, di Kabupaten Lamongan ada beberapa sekolah yang juga menerima penghargaan adiwiyata nasional dan adiwiyata mandiri, di antaranya SMPN 1Deket, SMPN 1 Kedungpring, dan SDN Karanggeneng, Ada dua sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata mandiri, yaitu SMPN 4 Lamongan dan SMPN 1 Modo.

Mereka diundang dalam sebuah acara yang berlangsung di Auditorium Dr. Ir. Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta, 2 Oktober 2024 lalu. Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Alue Dohong, yang mewakili Menteri LHK, Siti Nurbaya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh sekitar 1000 peserta dari 31 provinsi di Indonesia, termasuk perwakilan sekolah, dinas pendidikan dan lingkungan hidup, serta berbagai kementerian terkait. Tahun ini, sebanyak 720 sekolah menerima penghargaan, dengan rincian 208 Sekolah Adiwiyata Mandiri

Dengan semangat yang terus dijaga dan inovasi yang berkelanjutan, SMP peraih penghargaaan adiwiyata nasional dan mandiri tersebut diharapkan bisa menjadi model bagi sekolah-sekolah lain, tidak hanya di Lamongan, tetapi juga di seluruh Indonesia. Sekolah-sekolah tersebut telah membuktikan bahwa pendidikan lingkungan adalah kunci untuk menciptakan generasi yang lebih peduli dan bertanggung jawab.

Reporter: M. Said