Serah Terima Jabatan dan Pelantikan Pengurus OSIS SMP Negeri 3 Babat Periode 2024/2025

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Seperti biasanya, upacara bendera rutin dilaksanakan setiap Senin pagi di SMP Negeri 3 Babat. Namun, pada hari ini, Senin (23/09/2024) upacara tersebut dimanfaatkan untuk melantik pengurus OSIS baru periode 2024/2025. Acara tersebut menjadi momen penting bagi seluruh siswa dan pihak sekolah, khususnya bagi pengurus OSIS periode 2023/2024 dan pengurus baru yang akan mengemban amanah di periode 2024/2025.

Prosesi pelantikan dimulai dengan penyerahan bendera dan panji OSIS dari pengurus lama kepada pengurus baru, sebagai simbol beralihnya tanggung jawab. Ketua OSIS lama dan baru turut menandatangani berita acara serah terima jabatan, disaksikan langsung oleh Kepala Sekolah, M. Said, S.Pd., yang juga ikut membubuhkan tanda tangan dalam dokumen resmi tersebut.

Setelah serah terima jabatan, Said melantik dan mengambil sumpah jabatan pengurus OSIS baru di hadapan seluruh siswa dan dewan guru. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi kepada pengurus OSIS periode sebelumnya yang telah menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pengurus OSIS periode 2023/2024. Kalian telah menunjukkan dedikasi dan kerja keras dalam menjalankan berbagai program sekolah. Pengalaman yang kalian peroleh akan sangat berguna di masa depan,” tutur Said, orang nomor satu di SMP Negeri 3 Babat.

Beliau juga memberikan pesan kepada pengurus baru agar bisa menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan memanfaatkan kepercayaan yang telah diberikan oleh seluruh siswa SMP Negeri 3 Babat. “Selamat kepada pengurus baru yang terpilih melalui proses pemilihan demokratis. Tidak semua siswa berkesempatan menjadi pengurus OSIS, jadi gunakanlah amanah ini dengan sebaik-baiknya.”

Lebih lanjut, Kepala Sekolah menekankan bahwa menjadi pengurus OSIS memerlukan pengorbanan dan kerja keras. “Kalian yang menjadi pengurus akan menghadapi tugas tambahan di luar jam sekolah, yang mungkin akan mengorbankan waktu bermain kalian. Namun, saya yakin, pengorbanan ini akan membuahkan hasil yang manis di kemudian hari,” ujar beliau, mengutip pepatah berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian.

Di akhir sambutannya, beliau menyampaikan selamat bertugas kepada pengurus OSIS baru yang dipimpin oleh Tessa Mudholifah sebagai Ketua dan Kalistiana Sinta sebagai Sekretaris, yang keduanya berasal dari kelas VIII. Kepala Sekolah berharap, di bawah kepemimpinan mereka, OSIS SMP Negeri 3 Babat akan terus memberikan kontribusi positif bagi seluruh siswa dan lingkungan sekolah.

“Upacara pelantikan OSIS ini diharapkan menjadi awal yang baik bagi pengurus baru dalam menjalankan sebagian program sekolah yang bisa dilaksanakan oleh OSIS. Semoga pengurus yang baru dapat menjalankan amanah dengan baik dan penuh tanggung jawab,” pungkasnya

Reporter : Fathurrahim Syuhadi