Dandim Ngawi, Setetes Darah Anda Menyelamatkan Jiwa Manusia

Listen to this article

NGAWI lintasjatimnews – Dalam rangka menyambut HUT TNI ke-79 tahun 2024, Kodim 0805/Ngawi menggelar kegiatan bakti sosial Donor Darah bekerja sama dengan PMI Ngawi, bertempat di Kantor PMI Ngawi, Jum’at (20/09/2024).

Dandim Ngawi Letkol Arm Didik Kurniawan,S.I.P., yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini digelar untuk memperingati HUT ke-79 TNI, yang acara puncaknya akan dilaksanakan tanggal 5 Oktober 2024 mendatang.

“Kegiatan ini salah satu wujud nyata tanggung jawab TNI dalam melaksanakan tugasnya. Sesuai amanah Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI yang diimplementasikan melalui operasi militer selain perang untuk membantu kesulitan masyarakat.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial kesehatan ini adalah salah satu cara TNI memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. “Dengan semangat kemanunggalan TNI dengan rakyat, kami berupaya membantu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat Ngawi” ujarnya.

Dandim menambahkan pentingnya kegiatan donor darah dalam mendukung ketersediaan darah di wilayah Ngawi, Darah yang didonorkan oleh para peserta akan digunakan untuk membantu pasien yang membutuhkan perawatan medis darurat, seperti kecelakaan, operasi, dan penyakit serius lainnya.

“Dengan semangat kemanunggalan TNI dengan rakyat, kita dapat berperan aktif dalam menjaga kesehatan masyarakat dan membantu sesama melalui kegiatan ini, ucapnya.

Selain anggota TNI, kegiatan donor darah ini juga diikuti oleh berbagai instansi yang ada di Kabupaten Ngawi serta warga masyarakat yang peduli terhadap kesehatan dan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Para relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ngawi turut membantu dalam proses pengambilan darah yang turut membantu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Reporter: pudianto