Kodim 0806/Trenggalek Dorong Prajurit Teladani Akhlak Nabi Muhammad SAW untuk Tingkatkan Spirit Religiusitas

Listen to this article

TRENGGALEK lintasjatimnews – Kodim 0806/Trenggalek kembali menunjukkan komitmennya dalam membangun prajurit yang tidak hanya kuat secara fisik, tetapi juga memiliki kekuatan spiritual yang mendalam. Pada Kamis (19/9/2024), Kodim menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H di Masjid An Nuur, yang bertujuan memperkuat keimanan dan nilai-nilai religius di kalangan prajurit dan PNS.

Acara yang diikuti dengan penuh antusias oleh prajurit, PNS dan anggota Persit ini mengusung tema yang sangat relevan, “Giat Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW Dalam Mewujudkan Pers TNI AD yang Religius”. Kehadiran Ustadzah Atik Lukm’atul Hauro dari Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek sebagai penceramah menambah kekhidmatan acara.

Dalam ceramahnya, Ustadzah Atik menekankan pentingnya meneladani akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari. “Kita tidak hanya diajak untuk mengagumi sosok Nabi Muhammad SAW, tapi juga menjadikan akhlaknya sebagai pedoman moral, terutama bagi prajurit TNI yang bertugas mengabdi kepada negara,” ujar Ustadzah Atik.

Danramil 0806-05/Kampak Kapten Inf Supoto, yang mewakili Dandim 0806/Trenggalek Letkol Czi Yudo Aji Susanto, S.Sos., M.A., menyampaikan dalam sambutannya bahwa peringatan Maulid Nabi ini lebih dari sekadar ritual tahunan. “Ini adalah momen penting bagi kita untuk memperkuat iman dan taqwa, dan menjadi pribadi yang religius serta berakhlak mulia. Semoga nilai-nilai ini tercermin dalam setiap tugas dan tanggung jawab kita sebagai prajurit,” ujarnya.

Kegiatan ini berhasil menciptakan suasana kebersamaan dan memperdalam spiritualitas setiap peserta. Acara yang penuh khidmat ini juga diharapkan menjadi pondasi untuk memperkuat persatuan di lingkungan Kodim 0806/Trenggalek, serta mendorong para prajurit untuk menghidupkan nilai-nilai agama dalam setiap aspek kehidupan mereka.

Melalui kegiatan seperti ini, Kodim 0806/Trenggalek semakin mempertegas komitmennya dalam membina prajurit yang tidak hanya berprestasi di medan tugas, tetapi juga memiliki kekuatan moral dan spiritual yang kokoh. Diharapkan, teladan dari Nabi Muhammad SAW akan terus menjadi inspirasi bagi para prajurit dalam menjalankan tugas mulia mereka demi bangsa dan negara.

Reporter: feri