Panwaslu Kecamatan Jatinegara, Terus Sosialisasi Pengawasan Partisipatif untuk Pemilihan Serentak 2024

Listen to this article

JAKARTA lintasjatimnews – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslu) Kecamatan Jatinegara Intens melakukan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif sebagai upaya dalam menggandeng berbagai stakeholder atau elemen masyarakat agar menjadi bagian yang akan turut terlibat aktif dalam pengawasan pemilu.

“Kali ini sosialisasi pengawasan partisipatif kita laksanakan di Kelurahan Cipinang Besar Utara ( CBU ), kata Ahmad Zainudin selaku ketua Panwaslu Kecamatan Jatinegara, Selasa (17/9/2024).

Lebih lanjut Zainudin mengatakan,”
Menjadi tugas Bawaslu untuk meningkatkan partisipatif masyarakat dalam pengawasan pemilihan. Pada pemilihan serentak tahun 2024 yang tahapan sedang berjalan, keterlibatan masyarakat menjadi penting.” tegas Ahmad Zainudin.

Sosialisasi pengawasan sudah tiga kali kita lakukan bersama kelompok-kelompok masyarakat. Sejumlah komunitas dan kelompok masyarakat yang dilibatkan dalam sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif “Ini kita harapkan agar semua kelompok masyarakat agar ikut terlibat aktif dalam pengawasan pemilu,” harapnya.

Anggota Bawaslu DKI Jakarta, Syakhroji,SH,MH membuka secara langsung kegiatan sosialisasi pengawasan dan memberikan materinya menjelaskan tentang sosialisasi pengawasan partisipatif bersama warga Kecamatan Jatinegara, dan para malam hari ini bersama Kelurahan Cipinang Besar Utara dan Kelurahan Rawa bunga, menurutnya kita harus memilih pasangan sesuai pilihan, jangan semuanya di coblos karena akan tidak sah .

Pemilukada serentak akan digelar 27 November mendatang harapan nya berjalan aman damai dan lancar, menurutnya Pasangan yang memiliki suara 50 persen lebih aman menang, namun jika kurang Maka akan ada putaran kedua.

Pemilu tahun 2024 menjadi milik seluruh warga negara dan bukan milik penyelenggara pemilu atau kelompok-kelompok tertentu. Sehingga seluruh warga negara memiliki hak yang sama di dalam penyelenggaraan pemilu.

Sebagaimana motto Bawaslu “Bersama rakyat awasi pemilu” ini mengandung makna bahwa Bawaslu sebagai lembaga yang ditugaskan untuk mengawasi pemilu memiliki keterbatasan terutama dalam hal jumlah pengawas pemilu. Sehingga Bawaslu mengajak seluruh rakyat dari berbagai komunitas dan kelompok masyarakat ikut terlibat secara aktif dalam mengawasi pemilu ataupun pemilihan.

Motto “Bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu”, mengandung makna bahwa dalam pengawasan, penanganan pelanggaran dan sengketa proses pemilu, adalah dalam rangka menegakkan keadilan pemilu.

“Kita berharap masyarakat mengambil peran penting dalam pengawasan pemilu,” harap Syakhroji.

Sosialisasi Pengawasan pemilu partisipatif yang digelar panwaslu kecamatan Jatinegara melibatkan ketua RW, FKDM, ketua PPS, Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama se Kelurahan Cipinang Besar Utara dan Kelurahan Rawa bunga, Pengawas Kelurahan Desa (PKD) se Kecamatan Jatinegara, Staf Panwaslu Kecamatan dan unsur media.

Reporter : Edo Lembang