Kirab Desa di Sayun Bentuk pelestarian Kearifan Lokal di Desa Siwalan

Listen to this article

GRESIK lintasjatimnews – Sayun adalah nama tempat dimana ada makam kuno yang biasa masyarakat di sebut makam “Mbok Rondo Nyai Sekar Kuning”.
Sayun masuk pada Desa Siwalan, Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik

Di setiap tahunnya masyarakat di desa Siwalan melakukan kirab desa Kepala desa di arak keliling desa dengan busana keraton Jawa di iringi oleh warganya yang terdiri dari 20 RT dan setiap RT mereka mengusung tumpeng raksasa gunung atau bentuk lainnya yang terbuat dari susunan berbagai sayur mayur dari hasil bumi.

Muhammad Suhartomo selaku kepala desa Siwalan selalu menyemangati warganya agar terus melestarikan budaya Kirab Desa.

” Kirab Desa ini bukan hanya melestarikan kearifan lokal tapi dengan adanya acara ini,kita akan lebih akrab menjalin rasa kekeluargaan dan kekompakan dalam hidup bermasyarakat kata Suhartomo .Kamis,12 September 2024

Warga yang ikut dalam Kirab Desa sangat antusias dan bahagia, terlihat dari banyaknya orang yang memenuhi lapangan Sayun.

“Saya sangat senang sekali ikut melihat kirab ini, sebab setelah di arak keliling desa, tumpeng dan makanan lain yang di pajang bisa berebut untuk di bawa pulang, dan acara tabur uang, itulah acara yang di tunggu-tunggu oleh banyak orang, ungkap Mimi salah satu warga yang mengikuti acara tersebut.

Kirab desa di mulai dari jam tujuh pagi sampai dengan selesai.

Reporter: Sri K