Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Membuka Diklat Perfilman di SMA Muhammadiyah 3 Maduran Lamongan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan membuka Diklat Perfilman videografi di SMA Muhammadiyah 3 Maduran Lamongan bertempat di Auditorium sekolah setempat, Jumat (6/9/2024)

Diklat ini diikuti seratus lebih siswa dan Dewan guru SMA Muhammadiyah 3 Maduran. Hal ini membuat simpati Kepala Dinas Pariwisata dan Kebuyaan Kabupaten Lamongan

Grand Opening penanda dimulainya diklat perfilman telah dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan bagian Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Edi Sutrisno, SE. M.Pd. Apresiasi luar biasa disampaikan oleh Kabid Disparekraf Lamongan di sela-sela sambutannya.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Edi Sutrisno menyampaikan, bahwa kegiatan semacam ini merupakan yang pertama kalinya dan satu-satunya di Kabupaten Lamongan.

“Kegiatan semacam ini merupakan yang pertama kalinya dan satu-satunya di Kabupaten Lamongan,” ujar Edi Sutrisno

Disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) bahwa perkembangan perfilman Indonesia mulai tergeser dengan film-film luar neger.

“Diharapkan dengan diklat ini banyak aktor-aktor, sutradara dan produser film baru lahir dari SMA Muhammadiyah 3 Maduran ini,” ungkap Edi Sutrisno yang mendapat tepuk tangan gemuruh dari peserta diklat.

Ditambahkan Edi Sutrisno bahwa videografi merupakan bagian program ekonomi kreatif oleh Dinas Pariwisata Lamongan

Sementara itu, CEO kegiatan dan juga Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 3 Maduran Abdul Hakam Mubarok, S.Pd, M.Pd. menyampaikan, bahwa diklat perfilman ini selain program sekolah untuk kegiatan P5, juga menjawab tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lanjutnya, ini sejalan dengan misi SMA Muhammadiyah 3 Maduran yakni menumbuhkan dan membudayakan literasi, numerasi pemahaman, pengamalan dan bersikap kritis di abad 21 sehingga bersikap inovatif, kreatif, kolaboratif dibidang akademik dan non akademik

“Kegiatan diklat perfilman perfilman ini menjawab tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang di tengah-tengah kita,” ujar pria yang tinggal di kecamatan Solokuro ini

Grand Opening juga hadiri Ketua Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan PNF PDM Lamongan M Said, S.Pd, M.Pd. Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Maduran Edi Ahmad Muhyidin. Beliau turut memanjatkan do’a diakhir Grand Opening ceremonial.

Grand opening berjalan lancar dan meriah. Antusias dari para peserta diklat pun luar biasa. Pasca ceremonial dilanjut dengan orientasi perfilman oleh Kang Selamet dari perfilman ISI Jogjakarta, Kang Kafabihi dari perfilman Jakarta. Grand opening diakhiri dengan presentasi film pendek karya beliau. Untuk diklat selanjutnya akan dilaksanakan selama 3 bulan sampai peserta mampu memproduksi film pendek.

Reporter Fathurrahim Syuhadi