Tekankan Pentingnya Tingkatkan SDM, Kodiklatal Rayakan Hari Jadi Korps Suplai Ke-76

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimbews – Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Kodiklatal Kolonel Laut (S) Budi Wijaya Affandi memimpin acara Tasyakuran Peringatan Hari Jadi Korps Suplai Ke-76 Tahun 2024 bersama para Perwira Korps Suplai Kodiklatal di Aula Bhineka Wirya Pusdikbanmin Kodikdukum Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Kamis (05/09/2024).

Perayaan kali ini mengusung tema, “Melalui Peringatan Hari Jadi Ke -76 Korps Suplai TNI AL Kita Tingkatkan Sumber Daya Manusia Yang Bermoral, Jujur dan Profesional serta Berintegritas Guna Mempertahankan Opini WTP.”

Kepala Dinas Keuangan Angkatan Laut (Kadiskual) Laksma TNI Imam Subarkah dalam amanatnya yang dibacakan Kakuwil menyampaikan pentingnya refleksi diri untuk memahami tonggak sejarah dan fondasi Korps Suplai. Hal ini penting untuk dijadikan sebagai titik tolak dalam menghadapi tantangan tugas yang dinamis di setiap tahap perjalanan Korps Suplai.

“Korps Suplai harus selalu memiliki makna dan mampu memberikan jawaban atas persoalan yang ada serta responsif terhadap tantangan tugas di masa yang akan datang dengan berlandaskan aturan perundang-undangan yang berlaku,” tegas Laksma TNI Imam Subarkah.

Lebih lanjut, Diskual selaku Pembina Teknis Bidang Keuangan merupakan Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) yang berkedudukan langsung di bawah Kasal bertugas menyelenggarakan pengelolaan keuangan negara di lingkungan TNI AL.

“Sebagai wujud eksistensi Korps Suplai, suatu pencapaian penting yang kita raih adalah keberhasilan mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI atas laporan keuangan UO TNI AL selama enam tahun berturut-turut,” ungkapnya.

Laksma TNI Imam Subarkah juga menjelaskan bahwa saat ini Korps Suplai tengah fokus pada penyiapan sumber daya manusia untuk mengikuti pendidikan pengembangan umum pada berbagai jenjang kepangkatan serta penyiapan kompetensi personel untuk dapat mengawaki aplikasi sakti yang terdiri dari sembilan modul, agar dapat beroperasi secara full module sesuai dengan tuntutan penyelenggaraan administrasi keuangan negara dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Dalam acara tersebut, Kakuwil Kodiklatal berkesempatan melaksanakan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada perwakilan Siswa Dikspespa Suplai. Selain itu, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah juga memberikan surprise dengan memberikan ucapan selamat ulang tahun Korps Suplai, dilanjutkan dengan peniupan lilin dan pemotongan kue ulang tahun yang diberikan langsung kepada Kakuwil.

Selesai menerima suprise dari Dankodiklatal beserta PJU Kodiklatal, selanjutnya Kakuwil beserta personel Korps Suplai Kodiklatal mengikuti acara Peringatan Hari Jadi Korps Suplai yang terpusat di Diskual Mabesal lewat sarana vicon.

Reporter: arahman