Program Pompanisasi, Babinsa Koramil 0801/02 Kebonagung Aktfil Lakukan Pendampingan

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Di tengah potensi besar sektor pertanian di Kabupaten Pacitan, para petani tak jarang dihadapkan pada tantangan kekeringan dan distribusi air yang tidak merata saat musim kemarau. Hal ini berakibat pada penurunan produktivitas dan kualitas hasil panen.

Menyadari hal tersebut, Babinsa Koramil 0801/02 Kebonagung Kodim 0801/Pacitan, Serda Lia Andrianto, membuat terobosan dengan menghadirkan sistem irigasi pompanisasi untuk membantu kelompok tani di wilayahnya. Jumat (06/09/2024).

Sistem irigasi pompanisasi ini merupakan metode penyiraman lahan pertanian dengan menggunakan pompa untuk mengalirkan air dari sumber seperti sungai ke area pertanian.

“Sistem pompanisasi ini diharapkan membantu petani mengatasi masalah keterbatasan air, terutama di saat musim kemarau, dengan menyediakan pasokan air yang stabil dan terkontrol,” ujar Serda Lia Andrianto.

Lebih lanjut, Serda Lia Andrianto menjelaskan bahwa sistem irigasi yang baik tidak hanya bermanfaat bagi peningkatan produksi tanaman, tetapi juga berdampak positif pada aspek ekonomi dan sosial para petani. Selain itu, ketahanan pangan nasional pun dapat terjaga dengan lebih baik.

“Pembangunan infrastruktur irigasi melalui pompanisasi ini tidak hanya bermanfaat bagi peningkatan produksi tanaman, tetapi juga berdampak positif pada aspek ekonomi dan sosial para petani, disamping ketahanan pangan nasional tetap terjaga,” ungkapnya.

Serda Lia Andrianto pun mendorong para petani untuk meningkatkan indeks budidaya tanaman padi sepanjang tahun tanpa khawatir harus kekurangan air dengan adanya sistem irigasi yang baik ini.

Terobosan Serda Lia Andrianto ini diharapkan dapat menjadi solusi tepat bagi para petani di Pacitan untuk mengatasi masalah kekeringan dan meningkatkan produktivitas pertanian. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Reporter: ahmadh