Peringati HUT Ke-79 TNI AL, Dankodiklatal Pimpin Ziarah di TMP 10 November Surabaya

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimbews – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke – 79 TNI Angkatan Laut, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah, memimpin acara ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) 10 November Surabaya. Selasa (03/09/2024).

Rangkaian kegiatan ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, dan penghormatan akhir. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dan penaburan bunga oleh seluruh peserta ziarah.

Kegiatan ziarah yang mengusung tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju” ini diikuti oleh sekitar 100 orang, termasuk para pejabat tinggi TNI AL Kotama Wilayah Surabaya, dan Forkopimda Jatim.

Usai kegiatan ziarah, dihadapan awak media, Dankodiklatal menyampaikan ziarah ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut Ke-79 yang rencananya akan dilaksanakan secara terpusat di Jakarta. Dan di Surabaya maupun Pangkalan – Pangkalan TNI AL di seluruh Indonesia juga akan menggelar upacara serupa.

“Kami prajurit-prajurit TNI Angkatan Laut ditemani rekan-rekan kita dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara dan Kepolisian, serta dari Forkopimda Jatim melaksanakan ziarah di TMP 10 November sebagai rangkaian HUT TNI AL yang diperingati setiap tanggal 10 September. Selain ziarah, TNI AL akan menggelar Naval Base Open Day (NBOD) di Koarmada II Ujung Surabaya pada Sabtu besok yang dibuka untuk umum, dan berbagai kegiatan puncak HUT Ke-79 TNI AL di Surabaya dan Jakarta,” kata Letjen Marinir Nur Alamsyah.

Lebih lanjut Dankodiklatal mengungkapkan jika Ziarah ini juga merupakan wujud penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. “Melalui kegiatan ini, TNI AL berharap dapat meneladani semangat juang para pahlawan dalam mewujudkan cita-cita bangsa, ” pungkas Dankodiklatal.

Reporter: arahman