Peran Aktif Babinsa Ponorogo, Warga Tak Lagi Susah Cari Air Bersih

Listen to this article

PONOROGO lintasjatimnews – Tidak dipungkiri akibat kemarau yang terjadi saat ini membuat berapa wilayah di Kabupaten Ponorogo mengalami kekeringan yang mengakibatkan warga kesulitan untuk memperoleh kebutuhan akan air bersih, Rabu (04/09/2024).

Seperti di Dukuh Bungur Desa Munggu Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo misalnya yang biasanya sumur air milik warga selalu ada air, akibat kemarau kali ini maka semua sumur kering bahkan warga yang memiliki pompa air sangat kesulitan untuk menyedot air bersih.

Mengetahui hal tersebut tentu Kodim 0802/Ponorogo melalui Babinsa Munggu Serda Cahyo Arif tidak tinggal diam. Dia melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kesulitan warga tersebut diantaranya melakukan koordinasi dengan unsur terkait baik itu Bhabinkamtibmas maupun pihak BPBD Kabupaten Ponorogo sehingga hari ini berhasil melakukan pengedropan air bersih kepada warga Dukuh Bungur yang jumlahnya ada 20 KK tersebut. “ Alhamdulillah sekarang warga Dukuh Bungur tidak susah untuk memperoleh air bersih, “ ujarnya saat dihubungi Media Center 0802.

Sementara salah satu warga Dukuh Bungur Desa Munggu kepada Babinsa menyampaikan rasa terima kasih dan gembira atas tersedianya air bersih tersebut. “ Kulo sak keluarga nggih sak warga Dukuh Bungur remen sanget, wonten kesempatan kados meniko, air nggih susah Alhamdulillah niki sampun wonten pengedropan air (saya sekeluarga ya se Dukuh Bungur senang sekali ada kesempatan sepereti ini, air ya susah tapi Alhamdulillah sekarang sudah ada pengedropan air), “ ungkap Pak Jawar.

“ Matur sembah nuwun dumateng panjenengan sedoyo margi saking droping air meniko warga kito sakmeniko mboten kekurangan masalah air. Dados masalah air meniko sampun tercukupi, matur sembah nuwun bantuanipun (Terima kasih kepada semuanya karena dengan pengedropan air ini warga Dukuh Bungur sekarang tidak kekurangan masalah air. Jadi masalah air sekarang sudah tercukupi, terima kasih atas bantuannya), “ ucap salah satu warga Dukuh Bungur tersebut.

Untuk diketahui bahwa disamping pendampingan dan pengawalan para Babinsa, dalam rangka mencukupi kebutuhan warga akan air bersih utamanya disaat saat musim kemarau seperti ini Kodim 0802/Ponorogo terus berupaya dengan berbagai cara diantaranya dengan program pipanisasi, sumur bor atau sumur dalam yang semuanya bekerjasama dengan unsur tekait yang ada di wilayah Kabupaten Ponorogo.

Reporter: zaenuri