Tentara Menyatu Dengan Alam, Kodim 0802/Ponorogo Buat Pembenihan dan Pembibitan

Listen to this article

PONOROGO lintasjatimnews – Kodim 0802/Ponorogo bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Ponorogo melalui Rehabilitasi Lahan dan Pemberdayaan Masyarakat (RLPM) CDK Wilayah Pacitan Dishut Jatim melaksanakan kegiatan pembinaan lingkungan hidup bertempat di lapangan Kodim 0802/Ponorogo, Selasa (03/09/2024).

Pembinaan lingkungan hidup berupa pembibitan dan pembenihan tersebut merupakan salah satu upaya Kodim 0802/Ponorogo dalam rangka terus memelihara kelestarian lingkungan sehingga tetap asri, sehat dan bersih tanpa adanya pencemaran lingkungan dimana hal tersebut juga sebagai salah satu wujud nyata dalam menyukseskan program dari Pemerinrah dan Komando Atas yang diantaranya yaitu TNI menyatu dengan alam (Program Kasad).

Komandan Kodim 0802/Ponorogo Letkol Inf Dwi Soerjono diwakili Pasiterdim 0802/Ponorogo Kapten Arm Sutami Pena menururkan bahwa dengan kerjasama tersebut diharapkan bisa menyediakan bibit sehingga kedepan sewaktu waktu membutuhkan tidak susah untuk mencari bibit. ” Kami bekerja sama dengan Perhutani Kabupaten Ponorogo dalam rangka melaksanakan pembenihan dan pembibitan, ” kata Pasiter mewakili Dandim 0802/Ponorogo.

” Tujuannya untuk penghijauan pada saat musim penghujan bisa menampung air yang cukup sehingga di lingkungan tersebut tidak terjadi kekurangan air dimana ini juga sebagai salah satu upaya untuk menyukseskan program Bapak Kasad yaitu tentara harus menyatu dengan alam, ” terang Pasiterdim 0802/Ponorogo.

Sementara Sabar Budiono, S.Hut. selaku Kepala Seksi Rehabilitasi Lahan dan Pemberdayaan Masyarakat CDK Wilayah Pacitan Dishut Jatim saat memberikan testimoni mengatakan bahwa kerjasama tersebut merupakan upaya untuk menyediakan bibit gratis kepada masyarakat yang kedepannya bisa dimanfaatkan baik itu untuk menjaga kelestarian lingkungan maupun untuk meningkatkan perekonomian.

” Kedepannya bisa dimanfaatkan juga oleh masyarakat untuk menjaga lingkungan hidup kita terutama untuk bibit bibit yang produktif bisa meningkatkan pendapatan masyarakat juga bibit bibit untuk penghijauan lingkungan yang harapannya bisa untuk menjaga lingkungan kita agar terap lestari dan bisa mempertahankan konserfasinya, ” ujar Sabar Budiono.

Adapun macam atau jenis benih yang ditanam pada kegiatan tersebut diantaranya : alpokat, beringin, nangka, jambu mete dimana semua benih tanaman tersebut masih dalam proses pembenihan.

Reporter: zaenuri