Siap Mengabdi Bersama TNI AL, 102 Siswa Dikmata Satdik – 1 Kodiklatal Lulus Tahap Sargolan

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimbews – Penuh dengan kebahagiaan karena siap mengabdi bersama TNI Angkatan Laut (TNI AL), 102 Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Satuan Pendidikan (Satdk) – 1 Angkatan 44 TA. 2024 resmi menutup pendidikan tahap dasar golongan lanjutan (Sargolan) dan dinyatakan lulus.

Upacara penutupan yang berlangsung di Lapangan Laut Arafuru Satdik – 1, dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Pendidikan (Dansatdik) 1 Kolonel Laut (P) I Gede Merta Yasa selaku Inspektur Upacara (Irup). Senin (02/09/2024).

Dalam sambutannya, Dansatdik – 1 menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh Siswa yang telah berhasil menyelesaikan seluruh tahapan pendidikan di Satdik – 1 selama 6 bulan. Tahapan tersebut meliputi tahap dasar kepajuritan (Sarrit) selama 3 bulan, tahap dasar golongan (Sargol) selama 1 bulan, dan tahap dasar golongan lanjutan (Sargolan) selama 2 bulan.

“Seluruh Siswa dinyatakan lulus pada penutupan pendidikan tahap Sargolan dan siap berdinas serta mengabdikan diri di satuan-satuan TNI AL,” tegas Dansatdik -1.

Ia juga berpesan agar para lulusan tidak berpuas diri dan terus meningkatkan ketaqwaan, keilmuan, dan kesamaptaan jasmani. Hal ini penting untuk menghadapi tantangan di masa depan kedinasan.

“Selalu ingat bahwa masa depan TNI AL ada dalam diri setiap pribadi prajurit Jalasena muda sebagai penerus tongkat estafet perjuangan para pendahulu dalam memperjuangkan dan menjaga kedaulatan Negara,” pesan Dansatdik – 1.

Dansatdik – 1 juga menekankan pentingnya menghayati dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI, dan Trisila TNI AL dalam menjalankan tugas di TNI AL.

“Dengan modal utama tersebut, setiap prajurit dapat menjadi pribadi yang PRIMA selaras dengan visi Panglima TNI, yakni: Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif dalam menjalankan tugas menjaga kedaulatan NKRI,” tambahnya.

Upacara penutupan pendidikan tahap Sargolan berjalan lancar di bawah komando Komandan Upacara (Danup) Mayor Laut (T) Abdul Afif Albar yang sehari-hari bertugas sebagai Komandan Sekolah Korps (Dansekorps) Teknik Satdik – 1. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Dansatdik – 1, Pejabat Utama (PJU) Satdik – 1, dan seluruh personel Satdik – 1.

Reporter: arahman