Lapas Kelas IIB Lumajang dan BNN Gelar Apel dan Deklarasi Lapas Bersinar

Listen to this article

LUMAJANG lintasjatimnews – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lumajang hari ini melaksanakan upacara pengukuhan Satuan Tugas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) serta peluncuran program “Lapas Bersinar (Bersih dari Narkoba)”. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh AKBP Indra Brahmana, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Lumajang.

Dalam sambutannya, AKBP Indra Brahmana mengungkapkan rasa terharu dan bangga atas pencanangan “Lapas Bersinar” di Lapas Kelas IIB Lumajang. “Pemberantasan narkoba bukan hanya tugas BNN dan Polri, tetapi merupakan tanggung jawab bersama. Kita semua harus berperan aktif dalam upaya ini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, AKBP Indra Brahmana menyematkan tanda satgas P4GN kepada 13 petugas terpilih dan pita merah putih kepada 18 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjadi relawan. “Tanda yang tersemat di dada bukan sekadar aksesori, tetapi merupakan beban tanggung jawab yang besar serta pertanggungjawaban kepada Tuhan. Saya berharap para WBP relawan dapat berkontribusi secara nyata dalam pemberantasan narkoba dan mengubah pola pikir para mantan pengguna narkoba,” tambahnya.

Mahendra Sulaksana, Kepala Lapas Kelas IIB Lumajang, menekankan bahwa inisiatif ini merupakan wujud komitmen petugas Lapas Lumajang dalam memerangi narkoba. “Program ini adalah implementasi dari integritas petugas kami dalam mendukung upaya pemberantasan narkoba, serta memastikan bahwa Lapas Kelas IIB Lumajang dapat menjadi contoh sebagai lembaga pemasyarakatan yang bebas dari narkoba,” ujarnya.

Setelah di laksanakan pengukuhan relawan anti narkoba, kepala bnn memberikan penyuluhan mengenai bahaya penangulangan serta tugas mengenai relawan narkoba di Aula Lapas Lumajang.

Dengan peluncuran program “Lapas Bersinar”, diharapkan dapat terwujud lingkungan yang lebih bersih dari peredaran narkoba dan memperkuat sinergi antara pihak lapas, BNN, serta masyarakat dalam upaya menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan aman.

Reporter : Rio