Asah Mental dan Keterampilan, Siswa Dikmata Angkatan XLIV Satdik-3 Kodiklatal Ikut Glagaspur Tingkat III/L3 Satfib Koarmada III

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimbews – Dalam upaya mengasah mental dan keterampilan serta menambah wawasan pengetahuan, siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLIV TA 2024 dari Satdik-3 Kodiklatal mendapat kesempatan ikut serta dalam Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat III/L3 Satuan Kapal Amfibi Koarmada III TA 2024.

Tercatat sebanyak 32 Siswa Dikmata Angkatan XLIV Korps Listrik, turut dalam pasukan pada kegiatan Apel Gelar Pasukan Latihan Gladi Tugas Tempur Tingkat III/L3 Satuan Kapal Amfibi Koarmada III TA 2024 yang dipimpin langsung oleh KasKoarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, bertempat di Dermaga Koarmada III Katapop Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat Daya, (2/9/2024).

Glagaspur Tingkat III/L3 Satfib Koarmada III melibatkan satuan-satuan Koarmada III diantaranya KRI Kapak 625, KRI Teluk Lada 521, KRI Teluk Weda 526, Brigif 3 Marinir, Satuan Kopaska Koarmada III, Satuan Penyelam Koarmada III, dan Siswa Dikmata TNI AL Angkatan XLIV Korps Listrik Satdik 3.

Keterlibatan Siswa ini merupakan kesempatan yang sangat berharga dan bermanfaat bagi Siswa, sebab dapat mengasah mental dan keterampilan Siswa untuk tampil didepan para Pejabat Koarmada III dan satuan-satuan samping. Ilmu-ilmu yang sudah didapatkan khususnya Tata Upacara Militer (TUM) dapat diaplikasikan di Giat Apel Gelar Pasukan tersebut.

Selanjutnya usai Apel Gelar Pasukan, ke-32 orang siswa akan melaksanakan Lattek Berlayar bersama KRI Teluk Lada- 521 dengan didampingi Paopsjar Satdik -3 Kapten Marinir Maskuri, dan para Bingsis Satdik 3. Selama empat hari mereka diagendakan melaksanakan Praktek System Kelistrikan Kapal. Diharapkan seluruh siswa Dikmata Angkatan XLIV Korps Listrik mampu menggunakan kesempatan berharga ini untuk mendapatkan ilmu langsung dari lapangan, khususnya KRI karena akan sangat berguna bagi Siswa saat nanti mereka sudah lulus dan berdinas di KRI.

Sementara itu Komandan Satdik -3 Kodiklatal Kolonel Marinir Harnoko yang turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan Glagaspur Tingkat III/L3 tersebut, mengapresiasi dengan bangga keterlibatan siswa Dikmata Angkatan XLIV.

“Saya selaku Komandan Satdik -3 mengikuti apel ini sangat mengapresiasi dan menghargai serta mendukung dengan adanya keterlibatan siswa Satdik- 3, ini sungguh luar biasa buat mereka,”ucap Kolonel Harnoko.

Reporter: arahman