TK Kartika IV-18 Pacitan dan PAUD Perwari Bersama Pesanggrahan Berkah Penyu Lepasliarkan Tukik

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Penyu merupakan salah satu fauna yang dilindungi karena populasinya yang terancam punah. Reptil laut ini mampu bermigrasi dalam jarak yang sangat jauh di sepanjang kawasan Samudera Hindia, Samudera Pasifik, dan Asia Tenggara. Di dunia ada 7 jenis penyu dan 6 diantaranya terdapat di Indonesia.

Konservasi merupakan salah satu kegiatan yang sangat diharapkan dapat mencegah punahnya habitat penyu karena predator alami maupun manusia. Kegiatan konservasi merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestarian habitat penyu di Indonesia.

Seperti saat ini Pesanggrahan Berkah penyu Pacitan melepasliarkan ratusan anak penyu atau tukik bersama anak-anak TK Kartika IV-18 Pacitan dan PAUD Perwari di Kabupaten Pacitan pada Sabtu (31/08/2024) di kawasan Pantai Pancer Dorr, Kelurahan Ploso, Pacitan.

Ketua Pembina Yayasan Kartika Jaya TK Kartika IV-18 Pacitan Ny. Ajeng Imam Musahirul saat dikonfirmasi awak media menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ilmu sejak dini kepada anak – anak TK Kartika IV-18 Pacitan dan PAUD Perwari tentang apa hewan penyu yang dilindungi serta apa itu konservasi penyu.

“Dengan adanya kegiatan ini selain memperkenalkan sejak dini kepada anak – anak TK Kartika IV-18 Pacitan dan PAUD Perwari, juga diharapkan dapat menjadi salah satu langkah penting untuk menjaga keberlanjutan ekosistem penyu di perairan Indonesia”, Ungkap Ny. Ajeng Imam Musahirul.

“Tadi ada sekitar 100 tukik yang dilepasliarkan, dan beberapa masih tersisa, umurnya sekitar 1 minggu 2 minggu. Masih ada tabungan tukik karena kondisinya belum kuat, nanti kalau udah siap rilis sesi kedua,” Ucap Ketua Yayasan Kartika Jaya TK Kartika IV-18 Pacitan

Sementara ibu Ria Kepala sekolah TK Kartika IV-18 Pacitan, mengaku senang anak-anak didiknya bisa mengikuti kegiatan ini.

“Senang sekali ya, semoga kedepannya penyu tetap lestari, kegiatan yang sangat menarik ,bisa belajar lingkungan sekitar terutama terkait dengan pelestarian penyu agar tidak punah,” Pungkas Ibu Ria.

Reporter: priyo