KBD Tahap V, VI, dan VII di Wilayah Kodim 0735/Surakarta Resmi Dibuka, Ini Sasaran yang Harus Diselesaikan

Listen to this article

SURAKARTA lintasjatimnews – Bertempat di Pendopo Keluraan Jajar. Jl.Basuki Rakmad no.49 Jajar, Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan telah dilaksanakan Pembukaan Karya Bhakti Daerah (KBD) Tahap V di wilayah Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan, dan KBD Tahap VI di wilayah Kelurahan Jagalan Kecamatan Jebres, serta KBD tahap VII di wilayah Kelurahan Kemlayan Kecamatan Serengan Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surakarta bekerjasama dengan Kodim 0735/Surakarta, dengan Tema “Karya Bakti Daerah Mewujudkan Kota Surakarta Yang Maju Dan Mandiri” Kamis (29/08/2024).

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Walikota Surakarta Drs. Teguh Prakoso, Kapolresta Surakarta Kombes Pol. Iwan Saktiadi, SIK, MH, M.Si, Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Eko Hardianto, SH, MIP, dan Segenap tamu undangan lainnya.

Dalam Sambutannya Walikota Surakarta Drs. Teguh Prakoso menekankan bahwa KBD ini lebih mendekatkan pembangunan itu dengan masyarakat wilayah, bagaimana menyadarkan bahwa keterlibatan masyarakat tidak hanya tokohnya saja tetapi masyarakatnya juga terlibat dan benar-benar dirasakan masyarakat.

“Pembukaan KBD ini menyadarkan kita bahwa hidup harus bergotong-royong, hidup harus bermanfaat bagi sesama. Percepatan pembangunan ini tidak hanya pada sasaran fisik saja, tetapi juga mental dan spiritualnya masyarakat.”tuturnya.

Sementara itu Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Eko Hardianto, S.H.,M.I.P., menegaskan Program Karya Bakti Daerah merupakan Wujud Kepedulian TNI – AD khususnya Kodim 0735/Surakarta terhadap pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan program pembangunan dan meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat.

“Melalui program Karya Bakti Daerah untuk meningkatkan pembangunan dan terciptanya soliditas yang kokoh antara TNI dengan Pemerintahan dan Komponen masyarakat serta Terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.”tegasnya.

Untuk Sasaran Fisik yang harus diselesaikan pada pelaksanaan KBD tahap V di wilayah Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan yakni pengerjaan perbaikan- saluran air sepanjang 108,3 M menggunakan Uditch dan Normalisasi saluran air sepanjang 53,7 M, dan untuk KBD tahap VI di wilayah Kelurahan Jagalan Kecamatan Jebres berupa pekerjaan perbaikan saluran air sepanjang 144 M dengan menggunakan Uditch, sedangkan untuk KBD tahap VII di wilayah Kelurahan Kemlayan Kecamatan Serengan dengan sasaran fisik berupa pekerjaan perbaikan saluran air sepanjang 159 M dengan menggunakan Uditch.

Sedangkan untuk sasaran Non Fisik meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan penanaman nilai nilai ideologi Pancasila, penyuluhan mencakup Narkoba, Penyuluhan KB Kes dan Stunting, Penyuluhan Mitigasi Banjir dan Kebakara, Penyuluhan penutupan sampah, Penyuluhan Administrasi Kependudukan, serta Pembagian sembako pada masyarakat kurang mampu di sekitar wilayah KBD.

(Arda 72)