Dankodiklatal Hadiri Paparan HUT TNI AL Ke-79 dan Super Garuda Shield di Mabesal

Listen to this article

JAKARTA lintasjatimnews – Komandan Kodiklatal (Dankodikatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah menghadiri paparan Rencana Garis Besar Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Latihan Super Garuda Shield (SGS) yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali didampingi Wakasal Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, bertempat di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Rabu (28/08/2024).

Upacara HUT ke-79 TNI AL yang dilaksanakan pada 10 September 2024 mendatang, akan digelar di Dermaga Madura, Koarmada II Surabaya. Kegiatan tersebut direncanakan akan dilaksanakan parade upacara, kemudian dilanjutkan dengan defile pasukan dan alutsista.

Sementara itu, SGS merupakan latihan bertaraf internasional yang melibatkan militer negara-negara sahabat di kawasan Indo Pasifik yang akan dilaksanakan pada 26 Agustus sampai dengan 6 September 2024 di Banongan Jawa Timur.

Latihan tersebut akan digelar di tiga lokasi yakni Puslatpur 5 Marinir di Karang Tekok Pantai Banongan di Situbondo Jawa Timur, Puslatpur TNI AD di Baturaja Bengkok Alas Sumatera Selatan, dan Dodiklatpur Kodam V/Brawijaya di Asembagus Situbondo Jawa Timur.

Kasal mengungkapkan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk mempersiapkan dengan matang kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan, serta latihan berskala internasional ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan prajurit Jalasena dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), serta meningkatkan hubungan diplomasi dengan negara-negara sahabat.

Reporter: arahman