Dandim 0735/Surakarta Bekali Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Kepada Mahasiswa Baru Universitas Pignatelli Triputra

Listen to this article

SURAKARTA lintasjatimnews – Bertempat di Aula Kampus Universitas Pignatelli Triputra Kelurahan Karangasem Kecamatan Laweyan, Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Eko Hardianto S.H.,M.I.P., memberikan pembekalan materi wawasan kebangsaan dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara kepada mahasiswa baru Universitas Pignatelli Triputra, Kamis (29/08/2024).

Kegiatan tersebut dalam rangka masa Orientasi Visi Misi dan Aksi Kampus (OVISKA) yang diadakan oleh Divisi PSDM Badan Eksekutif Mahasiswa masa bakti 2024 yang diikuti 150 Orang mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut Dandim menegaskan Bela Negara adalah sikap dan perilaku Warga Negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

“Kesadaran bela negara merupakan upaya untuk mempertahankan negara kita dari ancaman yang dapat mengganggu kelangsungan hidup bermasyarakat yang berdasarkan cinta tanah air, rasa patriotisme dan nasionalisme, kesadaran bela negara merupakan bagian dari wawasan kebangsaan.”tegasnya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa generasi Emas 2045 merupakan wacana dan gagasan dalam rangka mempersiapkan para generasi muda Indonesia yang berkualitas, berkompeten, dan berdaya saing tinggi, pada 2045 Indonesia diperkirakan akan mendapatkan bonus demografi.

“Dan sebagai mahasiswa harus adaptif dan penuh inovasi agar tidak termakan jaman. Kedepan Indonesia dipercaya akan menjadi negara ke 4 terbesar di Asia Fasifik, Dan akan menjadi sasaran persaingan global, dengan masuknya kedalam kompetisi persaingan global perlunya penguatan generasi penerus bangsa.”

(Arda 72)