Pilwakot Bogor 2024, Partai Golkar Mengusung Pasangan Sendi Fardiansyah-Melli Darsa

Listen to this article

BOGOR lintasjatimnews – DPP Partai Golkar memberikan formulir B1-KWK atau menyerahkan rekomendasi resmi kepada pasangan calon walikota Bogor Sendi Fardiansyah dan Melli Darsa untuk bertarung di Pilwalkot Bogor 2024.

Formulir B1 KWK ini merupakan rekomendasi dari partai politik yang menyatakan dukungan resmi mereka kepada pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

Rekomendasi dari Partai Berlambang Pohon Beringin tersebut diberikan langsung oleh Sekretaris DPD Golkar Jawa Barat, MQ Iswara didampingi Ketua DPD Golkar Kota Bogor, Rusli Prihatevy. “Golkar sudah final, rekomendasi untuk pasangan Pilkada sudah diberikan kepada pasangan Sendi Fardiansyah-Melli Darsa,” ujar Rusli kepada wartawan.

Dengan rekomendasi ini maka jelas Rusli, partai berwarna kuning ini akan berkoalisi dengan Partai Nasdem dan PSI yang juga telah memberikan rekomendasi kepada pasangan Sendi-Melli Darsa tersebut. “Selanjutnya kami akan melakukan konsolidasi antar partai dalam koalisi untuk penguatan agar dapat memenangkan Pilkada 2024,” paparnya.

Koalisi parpol pengusung Sendi-Melli Darsa akan segera menyiapkan untuk pendaftaran ke KPU Kota Bogor.

Sementara pada saat yang hamprir bersamaan DPP Partai NasDem juga menyerahkan formulir B1- KWK atau rekomendasi pasangan calon kepala daerah (cakada) kepada Sendi Fardiansyah dan Melli Darsa untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Bogor.

Ketua DPD NasDem Kota Bogor, Benninu Argoebie menyatakan bahwa DPP menyerahkan rekomendasi saat Kongres ke-III NasDem di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Dengan demikian maka pasangan Sendi-Melli Darsa diusung oleh Partai Golkar, Nasdem dan PSI yang juga telah memberikan dukungan kepada pasangan ini.

“Dengan koalisi ini, kita punya 12 kursi. Sangat cukup untuk kami dapat bertarung,” ucap Benninu.

Di pihak lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Jawa Barat, siap menerima pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota Bogor pada 27-29 Agustus 2024.

Ketua KPU Kota Bogor Muhammad Habibi Zaenal Arifin di Kota Bogor, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan personel dan petugas untuk menerima pendaftaran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

“Serta kami juga sudah melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait. Sampai hari ini kami akan melakukan rapat koordinasi kembali dengan TNI-Polri terkait persiapan pendaftaran Pilkada 2024,” kata Habibi.

Ia menyebutkan, KPU kota Bogor akan melakukan pembukaan secara simbolis dengan membuka pintu KPU Kota Bogor, dan di hari terakhir pendaftaran pada 29 Agustus 2024 pukul 23.59 WIB dengan penutupan pintu.

Habibi mengimbau kepada pasangan calon kepala daerah untuk tidak melakukan pendaftaran di akhir waktu sehingga pihaknya bisa mengatur jadwal dan bisa mengakomodir seluruh para calon yang ingin mendaftar di KPU Kota Bogor. Sebagai upaya transparansi, Habibi menjelaskan, KPU Kota Bogor menyediakan live streaming proses pendaftaran Pilkada 2024, sehingga seluruh masyarakat bisa menyaksikan.

Reporter: Edo Lembang