Pemeriksaan IVA Test dan Sadanis Anggota Persit, Ini Harapan Ketua Persit KCK Cabang XV Dim 0801/Pacitan

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Kali ini pada momen Hari Ulang Tahun Pusat Kesehatan Angkatan Darat ke 79 Tahun 2024, Pihak Polkes 05.09.11 Pacitan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan melaksanakan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Disela sela kegiatan ketua Persit KCK Cabang XV Kodim 0801/Pacitan Ny. Ajeng Imam Mushairul saat dikonfirmasi awak media menyampikan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.

“Tujuan pemeriksaan IVA yang dilakukan oleh Ibu-ibu Persit KCK Cabang XV Kodim 0801/Pacitan adalah untuk mengurangi morbiditas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan untuk mengetahui kelainan pada leher rahim”, Ungkap Ny. Ajeng Imam Mushairul. Rabu (28/8/2024).

Lebih lanjut bahwa insiden kanker serviks sebenarnya dapat ditekan dengan melakukan upaya pencegahan primer seperti meningkatkan atau intensifikasi kegiatan penyuluhan guna untuk menjalankan pola hidup sehat dalam menghindari faktor risiko terkena kanker, serta melakukan imunisasi dengan vaksin HPV dan diikuti dengan deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan pap smear atau IVA (inspeksi visual dengan menggunakan asam asetat).

Harapan saya, dengan adanya program deteksi dini kanker serviks melalui metode pemeriksaan IVA di wilayah kerja Polkes 05.09.11 Pacitan yang terlaksana pada saat ini dapat membantu khususnya ibu-ibu Persit KCK Cabang XV Kodim 0801/Pacitan guna untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan organ reproduksi serta mencegah terjadinya progresivitas penyakit jika ditemukan gejala awal dari kanker serviks.

Reporter: priyo