Dankodiklatal beserta Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Hadiri Puncak HUT Ke-78 Jalasenastri

Listen to this article

JAKARTA lintasjatimnews – Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah menghadiri Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Jalasenastri Tahun 2024 di Gedung Balai Samudera, Jakarta. Selasa (27/08/2024).

HUT Jalasenastri kali ini dirayakan dengan tema “Peran Serta Jalasenastri dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan, Kemandirian serta Menciptakan Generasi Unggul untuk Kesejahteraan Keluarga Besar TNI Angkatan Laut Menuju Indonesia Maju”. Tema ini mencerminkan peran penting Jalasenastri dalam mendukung tugas TNI AL yang semakin kompleks dan dinamis.

Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali mengawali acara menyampaikan ungkapan rasa syukur karena organisasi Jalasenastri telah mencapai usia ke – 78, dengan berbagai kemajuan yang telah diraih dan pelestarian sejarah keberadaan organisasi yang kemudian disesuaikan dengan kondisi masa kini, dan juga merupakan reward bagi kita semua atas jerih payah dan upaya dalam memajukan organisasi Jalasenastri.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali selaku Pembina Utama Jalasenastri menyampaikan bahwa, Jalasenastri diharapkan terus berkiprah sebagai organisasi yang matang, inovatif, dan bermanfaat bagi keluarga besar Angkatan Laut dan masyarakat pada umumnya.

Terkait mewujudkan ketahanan pangan, Laksamana Muhammad Ali mengungkapkan bahwa ketahanan pangan merupakan upaya untuk memastikan ketersediaan, akses, dan pemanfaatan pangan yang cukup dan bergizi bagi seluruh masyarakat. Jalasenastri dapat berkontribusi dalam hal ini melalui program budidaya tanaman hortikultura, pelatihan bercocok tanam, dan pendirian kebun komunitas yang membantu meningkatkan produksi pangan lokal.

“Dalam aspek kemandirian, Jalasenastri diharapkan terus aktif mengembangkan program pelatihan dan pemberdayaan ekonomi untuk anggota keluarga Angkatan Laut. Contohnya adalah penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan dan keterampilan, seperti pembuatan kerajinan tangan dan pengolahan makanan, untuk memulai usaha kecil yang dapat meningkatkan kemandirian ekonomi keluarga dan masyarakat sekitar,” kata Kasal.

Selain itu, Jalasenastri harus mampu membantu keluarga besar Angkatan Laut untuk membangun generasi unggul yang memiliki kualitas, karakter, dan daya saing tinggi. Hal ini dapat dilakukan melalui seminar pendidikan, pelatihan keterampilan, dan lomba kreativitas yang mendukung pengembangan bakat dan pengetahuan anak-anak.

Orang nomor satu di TNI AL ini menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para sesepuh TNI Angkatan Laut dan Jalasenastri yang telah meletakkan dasar-dasar organisasi, sehingga Jalasenastri dapat berkembang seperti saat ini. Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus dan anggota Jalasenastri atas dedikasi, ketulusan, dan kesungguhan dalam menjalankan organisasi.

Reporter: arahman