Untuk Pertama Kalinya Warga RW 01 Kembangan Gresik Menggelar Karnaval

Listen to this article

GRESIK lintasjatimnews.com – Memperingati HUT RI ke – 79. Warga Desa Kembangan RW 01 menggelar Karnaval dengan berbagai Kesenian Tradisional yang ditampilkan dari masing masing RT. 01,02 dan 03. Dari ketiganya, setiap RT menampilkan beberapa Kesenian, di antaranya berupa Wayang Kulit, Nuansa Pantai, dan tarian Bali. Acara tersebut di laksanakan di jalan Mayjen Sungkono Desa Kembangan RW 01. Kecamatan Kebomas Gresik Jawa Timur, Minggu, (25/8/2024).

Menurut Nurlita Devayanti (30) salah satu peserta karnaval menjelaskan, ” Bahan yang di gunakan seratus persen dari kardus bekas, kemudian dilapisi dengan karton manila untuk mendapatkan nilai Estetikanya. Sedangkan untuk karton Manila menghabiskan 300 lembar ditambah dengan kardusnya sekitar 250 lembar, “Semua mulai dari gulungan, ogoh – ogoh serta Anoman. Sedangkan untuk Anoman sendiri kita tambah dengan menempel kapas kapas agar terlihat menyerupai aslinya. Aksesoris juga semua kita bikin dari kardus bekas, “Terangnya.

Dia Menambahkan, “kami sebagai warga RT 01 sangat bersemangat sekali dengan acara Karnaval ini, semua dari anak anak, para pemuda, bapak dan ibu ibu turun tangan untuk mengerjakannya sampai lembur jam satu malam, kadang bahkan sampai subuh selama dua minggu kita full untuk mengerjakan, “Paparnya.

Senada dengan warganya, Joko Purwanto ketua RT 01 mengatakan bahwa warganya berpartisipasi di kegiatan ini dalam keadaan aman, tentram, terkendali dan tidak ada suatu halangan apapun. Meskipun menu yang di sajikan sangat sederhana, namun itu semua demi guyub rukunnya warga dan terciptanya lingkungan yang ayem, tentrem dan tidak ada suatu hal hal yang negatif.

Albar Ramdani (wakil ketua) panitia Karnaval mengatakan, “pada peringatan tahun ini kita menggabungkan jalan sehat dan Karnaval, dan untuk peringatan saat ini sangat meriah dikarenakan sebelumnya hanya jalan sehat saja, “jadi kita memiliki suasana yang baru dan heboh untuk warga Kembangan RW. 01. “Semoga ke depan kita tetap kompak selalu khususnya warga Kembangan, “Jelasnya.

Didik Kusnadi ketua RW 01 menambahkan, “Terima kasih atas Kegiatan Karnaval, untuk tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya yang mana kita fokus pada Karnaval, ” Jadi meriah sekali dari semua RT 01,02, dan 03 semua kompak menyuguhkan atraksi masing masing, dari RT 01 Wayang, RT 02 ada Nuansa Pantai dan RT 03 Tarian Bali, Untuk itu kedepannya semoga kegiatan seperti ini akan lebih baik dan lebih baik lagi, “MERDEKA, MERDEKA, MERDEKA, “tutupnya.

Reporter : Mif H