Ramaikan Pekan Raya, SMPN 2 Kedungpring Tampilkan Pembelajaran VR dan AR

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Masih dalam rangka memperingati HUT RI Ke-79, SMP Negeri 2 Kedungpring mengikuti kegiatan “Pekan Raya Adem Ayem Kedungpring” yang diselenggarakan Panitia PHBN Kecamatan Kedungpring, Lamongan, Sabtu, (24/8/2024).

Pekan Raya Adem Ayem Kedungpring merupakan momen lembaga pendidikan untuk menunjukkan kreativitas di hadapan masyarakat. Dalam kegiatan ini SMP Kedungpring mengambil tema “Pembelajaran Masa Dulu dan Masa Kini”.

Tema tersebut bertujuan untuk menggambarkan masa lalu, selain menampilkan kondisi kehidupan masa lalu dengan gubuk dan pagar bambu, serta menyuguhkan menu masakan tempo dulu. Selain itu, menampilkan pembelajaran menggunakan papan tulis hitam dan bangku kuno.

Sedangkan untuk pembelajaran masa kini, SMP Negeri 2 Kedungpring mensimulasikan pemanfaatan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) dalam proses pembelajaran. Tampak para pengunjung penasaran dan mencoba perangkat VR dan AR secara bergantian.

Kepala SMP Negeri 2 Kedungpring, Hibatun Wafiroh, SPd Si, MPd, menyatakan bahwa momen ini merupakan kesempatan untuk mempublikasikan inovasi dan kreativitas sekolah.

“Di even ini SMP Negeri 2 Kedungpring menunjukkan inovasi Smart Plan Hydrator (SPH) dan mengenalkan VR dan AR pada pengunjung. Para siswa mensimulasikan bagaimana belajar melalui VR dan AR. Kalau VR kita seakan-akan masuk ke dalam dunia virtual. Sedangkan AR kebalikannya, yaitu dunia virtual dibawa ke dunia nyata,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bu Wafi, panggilan akrabnya, mengatakan bahwa VR dan AR yang digabungkan dengan konsep pedagogi akan membuat teknologi tidak hanya sebagai media melainkan juga stimulan bagi siswa dalam proses pembelajaran.

“Siswa menjadi lebih bahagia dalam belajar dan memiliki rasa ingin tahu semakin tinggi,” tambah Bu Wafi.

Sementara itu, Camat Kedungpring, Noman Kresna, memberikan apresiasi positif pada SMP Negeri 2 Kedungpring. “Nah, ini yang saya yang harapkan. Lembaga pendidikan di Kedungpring terus berinovasi dan mencoba hal-hal baru untuk para generasi muda. Saya melihat SMP Negeri 2 Kedungpring terus berinovasi dengan kreativitas-kreativitasnya,” katanya.

Tampak para pengunjung stand SMP Negeri 2 Kedungpring sangat antusias dan bergembira menikmati suasana stand.

Julio, salah satu pengunjung stand menyatakan bangga saat berkunjung, “Wah, seru pokoknya. Saya dan teman-teman sampai antri mencoba perangkat VR. Senang bisa menjelajahi dunia virtual,” komentarnya.

Meski pameran hanya dilaksanakan sehari, tetapi pameran pendidikan dan stand tempo dulu yang disuguhkan SMP Negeri 2 Kedungpring terlihat ramai dikunjungi hingga pukul 23.00 WIB.

Reporter: Efendy