Dandim 0802/Ponorogo Ikut Panen Raya Padi Varietas Mantap

Listen to this article

PONOROGO lintasjatimnews – Komandan Kodim 0802/Ponorogo Letkol Inf Dwi Soerjono tadi pagi mengikuti acara Panen Raya Padi Varietas Mantap bertempat di Gubug Tani dan lahan sawah Kelompok Tani (Poktan) Karya Makmur Dukuh Gentan Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, Rabu (21/08/2024).

Panen raya yang digelar di Desa Ngrupit dengan penanggung jawab kegiatan Kepala Desa Ngrupit Suherwan, S.H, M.H tersebut juga dihadiri antara lain : Tenaga Ahli Menteri Pertanian RI Prof. DR. Ir. Andi Muhamad Syakir, M.Si.; Kapus PSIPKH PAT Kementan Dr. Ir. Agus Susanto, M.P; Kepala BSIP Jatim Dr. Ir. Nurdiah, M.Si.

Selanjutnya Bupati Ponorogo H. Sugiri Sancoko, S.E,.M.M; Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Ponorogo Supriyanto; Kepala Bidang Penyuluhan Kab. Ponorogo; ForkopimCam Jenangan; Poktan Karya Makmur Desa Ngrupit serta para Toga, Tomas, Toda dan warga masyarakat.

Panen raya diawali dengan sambutan sambutan baik dari Kepala Desa Ngrupit, Tenaga Ahli Menteri Pertanian RI maupun dari Bupati Ponorogo. Dikatakan Lurah Ngrupit bahwa luas tanah pertanian yang ada di pihaknya ada sekitar 288 H dimana setiap 10 H membutuhkan benih padi varietas sekitar 2,5 kwintal dengan hasil tiap 1 H lahan pertanian menghasilkan padi sekitar 10,5 ton.

Selanjutnya guna lebih memperlancar dan menambah hasil produksi, Kepdes Ngrupit minta bantuan sumur bor sebanyak 4 titik kepada pemerintah yang dalam hal ini adalah Menteri Pertanian dimana permintaan tersebut oleh Tenaga Ahli Menteri Pertanian RI ditindak lanjuti dan akan disampaikan kepada Mentan RI dengan harapan di wilayah Kabupaten Ponorogo bisa lebih meningkatkan hasil pertaniannya dan mencapai target.

Bupati Ponorgo saat memberi sambutan juga sangat bersyukur dan mengapresiasi para petani dimana Agraris pertanian menjadi sumber utama dalam melanjutkan kelangsungan ketahanan pangan dan atas kerja keras para petani maka Kabupaten Ponorogo bisa menghasilkan 10,5 ton dalam tiap hektarnya.

Atas capaian tersebut Dandim 0802/Ponorogo melalui Media Center 0802 juga mengapresiasi seluruh masyarakat terutama para petani serta semua unsur terkait termasuk Babinsa Kodim 0802/Ponorogo yang terus aktif melakukan pendampingan dan pengawalan terhadap semua kegiatan pertanian di wilayah kabupaten Ponorogo.

“ Kami sangat mengapresiasi kepada semua pihak terutama para petani maupun para Babinsa yang terus bekerja keras di lapangan dalam meyukseskan program pemerintah terkait ketahanan pangan nasioanal, “ kata Dandim 0802/Ponorogo.

“ Dengan capaian yang disampaikan oleh Pak Lurah tersebut kami sangat optimis bahwa lumbung pangan di wilayah Kabupaten Ponorogo bisa terpenuhi. Dan Kodim 0802/Ponorogo sendiri juga terus memberikan motivasi kepada para petani dengan melakukan berbagai upaya baik itu melakukan penggalian sumur bor serta pipanisasi kepada para petani, “ terang Letkol Inf Dwi Soerjono.

Reporter: zaenuri