Aksi Bersih Sampah Pesisir Wisata Pantai Kutang

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lamongan berkolaborasi dengan DLH Provinsi Jawa Timur melaksanakan Aksi Bersih Sampah Pesisir Wisata Pantai Kutang Desa Labuhan, Brondong, Selasa (20/8/2024).

Sekretaris Daerah Lamongan Moh. Nalikan berkesempatan membuka kegiatan ini. Ia berharap semangat menjaga kebersihan lingkungan bisa terus tumbuh di masyarakat.

Lanjut Sekda Nalikan kebersihan lingkungan Wisata Pantai Kutang Desa Labuhan ini harus dijaga dengan Aksi Bersih Sampah Pesisir.

“Terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup Provimsi Jawa Timur, Pak Dandim dan seluruh jajarannya yang terus membersamai kita semua sehingga kegiatan pembersihan sampah bisa dilakukan setiap kamis oleh Lingkungan Hidup dan Pak Dandim. Mari membiasakan diri, keluarga, dan masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ucap Nalikan.

Selain Pemerintah Kabupaten Lamongan dan Provinsi Jawa Timur, aksi ini juga didukung oleh sejumlah perusahaan, TNI, dan masyarakat. Pembersihan dilaksanakan dengan pemungutan sampah di sepanjang pesisir pantai untuk kemudian dipilah, ditimbang, dan dibawa ke TPA.

Dikatakan Kepala Dinas LLingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Jempin Marbun, Aksi Bersih Pantai ini juga dilakukan di sejumlah pantai di Jawa Timur. Harapannya dapat menjadi kontribusi Provinsi Jatim dalam menyongsong zero emission.

“Ini juga sebagai upaya keterlibatan Indonesia menyongsong Net Zero Emission 2050 sesuai konvensi Paris,” tutur Jempin Marbun

Selain bersih-bersih sampah, pada aksi ini juga dilakukan penanaman pohon cemara udang. Untuk membantu menjaga kebersihan Wisata Pantai Kutang, diserahkan pula bantuan untuk Desa Labuhan berupa 4 unit dropbox sampah dan 2 unit tong komposter.

Sejumlah stakeholder yang mendukung aksi menjaga lingkungan juga menerima apresiasi berupa piagam penghargaan yang diserahkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dan didampingi Sekda Nalikan.

Reporter Fathurrahim Syuhadi