Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP, Ini Pesan Dandim 0801/Pacitan

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Dalam suasana yang khidmat dan penuh haru, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, Dandim 0801/Pacitan Letkol Arh Imam Musahirul S.H., M.I.P., memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Makam Pahlawan (TMP) Bunga Bangsa Jl. A. Yani Kabupaten Pacitan.

Acara ini merupakan momen yang penuh dengan khidmat untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur demi membela kemerdekaan dan kedaulatan Tanah Air dilaksanakan tepat pukul 00.00 WIB. Sabtu (17/08/2024)

Letkol Arh Imam Musahirul S.H., M.I.P, sebagai inspektur upacara, memimpin seluruh peserta apel untuk memberikan penghormatan tertinggi kepada para pahlawan bangsa. Setiap detik dalam momen ini adalah refleksi dari pengorbanan besar yang telah diberikan oleh para pahlawan, yang kini bersemayam di Makam Pahlawan (TMP) Bunga Bangsa.

Kehadiran jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pacitan, para perwira Kodim 0801/Pacitan, perwira Lanal Pacitan, Perwira Lanud Iswahyudi, Pejabat Utama (PJU) Polres Pacitan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pacitan, serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan memberikan makna lebih dalam pada apel ini.

Letkol Arh Imam Musahirul S.H., M.I.P menyatakan hormat sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa.

“Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima Tuhan Yang Maha Kuasa dan mendapatkan tempat yang sewajarnya,” Ucap Dandim 0801/Pacitan.

Letkol Arh Imam Musahirul S.H., M.I.P., berpesan pentingnya mengenang perjuangan para pahlawan. Kita hadir di sini tidak hanya untuk mengenang, tetapi untuk meneguhkan kembali semangat perjuangan yang telah ditunjukkan oleh para pahlawan kita. Pengorbanan mereka harus menjadi energi pendorong bagi kita semua untuk menjaga dan mempertahankan keutuhan serta kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini merupakan salah satu rangkaian penting dalam peringatan HUT RI Ke-79 di Kabupaten Pacitan. Momen ini tidak hanya menjadi wujud cinta dan hormat yang mendalam terhadap para pahlawan bangsa, tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus menghargai sejarah perjuangan bangsa dan meneruskan cita-cita luhur para pendahulu kita.

Reporter: priyo