Berbagi Kebahagiaan, Dankodiklatal Hadiri Gelar Karya Bakti TNI AL di Raja Ampat

Listen to this article

RAJA AMPAT lintasjatimnews – Untuk mewujudkan kesejahteraan dan berbagi kebahagiaan dengan masyarakat di Timur Indonesia, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah menghadiri kegiatan Karya Bakti TNI Angkatan Laut (TNI AL) di Distrik Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat yang dibuka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali. Rabu (07/08/2024).

Di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC), Dankodiklatal mendampingi Kasal meninjau kegiatan bakti kesehatan yang memberikan pelayanan pengobatan gratis bagi masyarakat dengan target sebanyak 200 orang. Selain itu, sebagai bentuk kepedulian TNI AL terhadap warga sekitar, juga dilaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako sebanyak 400 paket sembako.

Tidak hanya itu, TNI AL dalam hal ini Lantamal XIV Sorong juga memberikan kegiatan penyuluhan hukum laut dan kesehatan kepada 100 masyarakat nelayan sekitar yang bertujuan untuk memberikan pemahaman penting mengenai hukum di laut dan bagaimana upaya menjaga kesehatan bagi para nelayan.

Selain melakukan peninjauan langsung ke lokasi pelaksanaan karya bakti, rombongan juga menyempatkan diri untuk meninjau Stand UMKM kerajinan etnik Papua dan produksi makanan ringan yang menjadi binaan Primkopal Lantamal XIV Sorong. Dimana kunjungan ini bertujuan untuk memberikan dukungan nyata terhadap perkembangan UMKM lokal dan sekaligus melihat hasil kerja para pelaku usaha di lapangan secara langsung.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan sesi makan siang bersama yang bergizi yaitu “Gemar Makan Ikan” bersama dengan 1000 Pelajar dan Masyarakat Papua. Dalam kesempatan tersebut, Siswa Satdik – 3 Kodiklatal ambil bagian dengan menampilkan Beladiri Karate dan Jalaraga sebuah olah raga yang mengutamakan kekuatan tangan. Selain itu, tim Pasukan Elit TNI AL yaitu Intai Amfibi (Taifib) Marinir dan Komando Pasukan Katak (Kopaska) melakukan demonstrasi ketangkasan militer hingga aksi terjun payung yang menegangkan.

TNI AL juga melaksanakan kegiatan Keramba Apung Jaring Ikan kerapu di Pulau Biantsi, Distrik Waigeo Barat, Kepulauan Raja Ampat. Dimana budidaya perikanan keramba jaring apung dibina oleh Lantamal XIV Sorong di Kepulauan Raja Ampat yang tersebar di duabelas tempat. Hal tersebut sebagai upaya TNI AL dalam mendukung ketahanan pangan nasional guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan peningkatan persediaan pangan.

Kegiatan yang digelar ini merupakan bukti nyata dari kepedulian dan sinergitas antara TNI AL dengan masyarakat setempat sehingga diharapkan adanya keberlanjutan program-program karya bakti tersebut kedepannya sebagai wujud nyata pengabdian TNI AL kepada bangsa dan negara.

Reporter: arahman