Sosialisasi “Keluarga Berencana, Keluarga Bahagia” oleh Mahasiswa BBK 4 Universitas Airlangga

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews – Mahasiswa KKN BBK 4 Universitas Airlangga (UNAIR) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Keluarga Berencana (KB) & Jenis-Jenis Kontrasepsi yang diadakan di Balai RW 1 Kelurahan Made, Kota Surabaya, pada Selasa, 23 Juli 2024. Sosialisasi ini bertemakan “Keluarga Berencana, Keluarga Bahagia”.

Mahasiswa Kuliyah Kerja Nyata (KKN) Belajar Bersama Komunitas (BBK) 4 UNAIR memfokuskan sosialisasi tersebut pada RW 1 Kelurahan Made dikarenakan tingkat pengetahuan mengenai Keluarga Berencana (KB) masih rendah serta masih terdapat beberapa keluarga yang masih enggan untuk menggunakan alat kontrasepsi dan memiliki anak lebih dari dua.

Beberapa ibu menolak menggunakan KB karena merasa tidak nyaman dan takut gemuk. Sosialisasi yang berlangsung di Balai RW 1 diikuti oleh ibu-ibu KSH (Kader Surabaya Hebat).

Acara ini diselenggarakan oleh kelompok Made I Universitas Airlangga yang diinisiasi oleh Fathimatuzzahroh, Putri Ayu, Putri Majid, dan Julia selaku PIC beserta tim, yakni Evelyn dan Julia sebagai “Master of Ceremony”, Olivia dan Dava sebagai sie konsumsi, Falah dan Nathis sebagai perkap serta operator, Vania dan Putri Majid sebagai dokumenter, dan Fathimatuzzahroh selaku CP (Contact Person).

Sosialisasi tentang Keluarga Berencana merupakan edukasi yang dilakukan pada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai keluarga berencana. Keluarga berencana digalakkan pemerintah untuk menurunkan angka kelahiran yang tinggi di Indonesia yang dapat diatasi dengan penggunaan alat kontrasepsi yang tepat.

Penggunaan Kontrasepsi bertujuan untuk memenuhi hak reproduksi setiap orang, membantu merencanakan kapan dan berapa jumlah anak yang diinginkan serta mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Sosialisasi ini diadakan setelah Kegiatan Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) yang dihadiri oleh 24 ibu KSH RW 1 Kelurahan Made. Sosialisasi ini terbagi menjadi lima sesi yaitu pembukaan, “pre-test”, pemaparan materi, tanya jawab dan “post-test”.

“Pre-test” dilakukan sebelum pemaparan materi dan “post-test” dilaksanakan setelah pemaparan materi yang disebarkan kepada para peserta sosialisasi untuk mengukur sejauh mana pencapaian kegiatan dan peningkatan pengetahuan peserta.

Seluruh peserta KSH menghadiri kegiatan ini dengan semangat dan antusias. Pemateri pada sosialisasi ini adalah Dr. Lestari Sudaryanti, dr., M.Kes. yang merupakan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

“Materi yang disampaikan sangat menarik, saya jadi kepikiran untuk menggunakan KB,” ujar Citra salah satu peserta pada sosialisasi Keluarga Berencana

Pada Sosialisasi ini dr. Lestari menekankan pentingnya kontrasepsi bagi kesejahteraan keluarga. Kontrasepsi dapat dilakukan baik laki-laki maupun perempuan. Suami juga dapat melakukan kontrasepsi seperti kondom dan Vasektomi. Perencanaan kontrasepsi yang tepat perlu dirundingkan dan atas persetujuan suami dan istri.

“Keluarga Berencana tidak hanya menyelesaikan masalah reproduksi saja tetapi juga dapat menyelesaikan masalah sosial, ekonomi dan budaya sebuah keluarga,” ujar dr. Lestari

Reporter: Winarto