SMP Negeri 1 Kembangbahu Sukses Selenggarakan Gerakan Paduraksa

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan yang sekaligus Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan bersama sejumlah pejabat teras Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan, menghadiri Implementasi Gerakan Paduraksa melalui kegiatan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Gemar Makan Ikan) yang diselenggarakan SMP Negeri 1 Kembangbahu, Jumat (26/07/2024).

Hadir dan ikut mendampingi Ketua TP PKK, Sekda Lamongan Moh. Nalikan, Kepala Dinas Pendidikan, Ir..Munif Syarif M.M., Kepala Dinas Perikanan Yuli Wahyuono S.H., M.M. juga tampak beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Lamongan.

Bu Yes, sapaan Anis Kartika didampingi Kepala SMP Negeri 1 Kembangbahu beserta sejumlah pejabat sejumlah pejabat teras pemkab Lamongan melakukan panen ikan di kolam milik sekolah setempat dilanjutkan memetik sayur di kebun sekolah tersebut.

Pantauan awak media, SMP Negeri 1 Kembangbahu mempunyai lahan yang cukup luas sehingga pantas dijadikan pilot project kegiatan PADURAKSA yaitu Pendidikan Terpadu Sekolah Ramah Anak, Akreditasi Perpustakaan, Sekolah Sehat, dan Adiwiyata. Halaman belakang sekolah yang luas sebagian dimanfaatkan untuk kolam ikan, sebagian lahan dipakai untuk menanam berbagai macam sayuran dan buah-buahan.

Kedatangan Bu Yes dimanfaatkan untuk kampanye gemar makan ikan (gemarikan) guna mencegah terjadi stunting bagi calon bayi bagi kalangan ibu hamil. Dengan makan ikan, maka dipastikan pertumbuhan selama kehamilan akan mengalami perkembangan yang bagus bagi calon bayi yang akan dilahirkan kelak.

Kepala Dinas Perikanan Yuli Wahyuono S.H., M.M. dalam sambutannya menyampaikan bahwa anak-anak yang senang makan ikan insyaallah akan terhindar dari stunting. Lebih lanjut, Yuli mengungkapkan, dengan kegiatan seperti ini diharapkan bisa menjadi landasan pembentukan karakter siswa generasi emas, yaitu yang mencintai budaya sendiri dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai luhur serta mempunyai kepedulian terhadap sekitarnya.

Sementara itu, Ibnu Yakson, M.Pd, Kepala SMP Negeri 1 Kembangbahu mengaku bersyukur sekolah yang dipimpinnya didatangi Ketua TP PKK Kabupaten Lamongan Anis Kartika (Bu Yes). Apalagi, Bu Yes juga menyempatkan ikut panen ikan di kolam milik sekolahan.

Tak lupa, Yakson juga mengungkapkan bahwa sekolah yang dipimpinnya pernah meraih gelar sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Timur. Karena itu, Ibnu mengajak seluruh warga SMPN 1 Kembangbahu untuk ikut menyukseskan Gerakan Paduraksa.

Para Siswa tampak antusias mengikuti berbagai kegiatan dalam acara Gemarikan ini, salah satunya adalah memasak bersama Chef dari Dinas Perikanan. Anak-anak diajak untuk menikmati masakan olahan ikan Laksa Singapura. Bu YES beserta jajaran juga ikut menikmati masakan tersebut bersama anak-anak.

Selain dimeriahkan dengan gelar karya siswa dan juga penampilan seni anak-anak, acara ini juga semakin meriah karena dihadiri oleh seluruh Kepala Sekolah SMP Negeri se-Kabupaten Lamongan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan menyampaikan harapannya, kegiatan gerakan Paduraksa bisa bisa segera menular ke sekolah lainnya di Kabupaten Lamongan

Kegiatan yang dimulai pukul 06.30 hingga pukul 10.00 dihadiri seluruh stakeholder SMP Negeri 1 Kembangbahu, Forkompicam Kecamatan Kembangbahu, serta seluruh Kepala SMP Negeri sekabupaten Lamongan. Kegiatan diawali dengan senam bersama di halaman SMP Negeri 1 Kembangbahu diikuti oleh seluruh siswa, GTK SMP Negeri 1 Kembangbahu, dan tamu undangan. Kemudian dilanjutkan dengan memanen ikan di kolam ikan belakang sekolah.

Acara ditutup dengan pemberian cinderamata kepada para siswa SMPN 1 Kembangbahu.

Kontributor: M. Said