Ponpes Karangasem Lamongan Gelar Silaturrahim Sambut TP Baru, Kyai Berpesan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah (Ponpes Karangasem) Paciran, Lamongan menggelar silaturrahim dalam rangka menyambut Tahun Pelajaran 2024-2025. Silaturrahim diikuti 450 guru dan tenaga kependidikan (Tendik) dari satuan pendidikan di bawah naungan Kemendikbudriset dan Kemenag.

Rincian guru yang mengikuti silaturrahim berasal dari satuan Pendidikan di lingkungan Ponpes Karangasem mulai dari TKA 1, 2, 3, MIM 16 & 20, MTsM 2, SMPM 14, MAM 1, SMAM 6, SMKM 8, dan STAI Muhammadiyah Paciran. Kegiatan bertempat di Aula KH Abdurrahman Syamsuri, Sabtu (20/7/2024).

Silaturrahim dihadiri motivator special, ketua Farum Guru Muhammadiyah (FGM) Jawa Timur (Isa Iskandar, SSi, MPd) dengan topik pembahasan “Optimalisasi Kinerja Guru Melalui Teknologi Pendidikan”. Hadir juga Kabag Pendidikan (Fatih Futhoni, MPd) dan Wakil Pengasuh 1 (KH Mufti Labib, Lc MCL) sekaligus memberikan sambutan.

Acara dikemas sederhana yang dipandu Asnur Rumiaji, SPd, selaku MC dengan memberikan kesempatan kepada Kamil (Tendik MAM 1 SAKA) sebagai pembaca ayat-ayat Alquran. Selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FGM (Forum Guru Muhammadiyah) dan sammbutan Wakil Pengasuh 1 Ponpes Karangasem.

Dalam sambutannya, Kyai lulusan S1 Universitas Al Azhar Cairo Mesir, menyampaikan, “Terima kasih kepada bapak/ibu guru, ustadz/ustadzah, dan Tendik di lingkungan Ponpes Karangsem yang telah mengabdikan diri tahun lalu. Mari kita sambut Tahun Pelajaran 2024-2025 dengan lebih baik untuk semua guru lama dan gauru yang baru bertugas,” jelasnya.

Selanjutnya, Kyai lulusan S2 dari salah satu Universitas di Malaysia, merinci persiapan yang harus dilakukan dalam mendidik dan mengajar pertama di Tahun Pelajaran 2024-2025, di antaranya:

  1. Membaca dan mengkaji ulang visi dan misi Ponpes Karangasem
  2. Menyamakan persepsi untuk menggerakkan misi yang telah deprogram
  3. Guru harus memperdalam iman dan ilmu pengetahuan dengan seimbang
  4. Guru harus meletakkan moralitas (akhlak) menjadi pembelajaran nomor 1 karena menjadi cerminan keluaraga, Lembaga, dan Masyarakat
  5. Guru sebagai prfesi, mari kita sinergikan seluruh kegiatan dengan konektifitas spiritual (keagamaan)
  6. Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMPM 8 harus dibekali dengan spiritual dengan tetap rajin membaca Alquran, melaksanakan salat jamaah, rajin membatu, dan sebagainya
  7. Seluruh guru ponpes Karangasem harus senantiasa untuk berinovasi dan kreatifitas dengan memanfaatkan perkembangan tekonologi dan informasi sehingga tidak ketinggalan.
  8. Mari kita berhijrah untuk lebih inovatif, kalua tidak ingin sekolah kita tutup alias tidak punya siswa.

Kegatan dilanjutkan prosentasi materi motivasi dari Isa Iskandar, SSi, MPd (Ketua FGM Jatim). Pembawa acara memberikan kesempatan bertanya peserta, di antaranya peserta yang bertanya; Khotamah, MPd (Kepala MIM 20) dan Nyamirun, MPd (Kepala SMAM 6).

Sambutan berikutnya Drs Zainal Muttaqin, Msi, Kabag SDM (Sumber Daya Manusia) untuk membacakan Guru dan Tendik Tahun Pelajaran 2024-2025. Sebelum kegiatan silaturrahim ditutup, pimpinan ponpes memberikan penghargaan kepada guru dan tendik.

Reporter: Efendy