MPLS di Kodim 0802/Ponorogo, Awalnya Takut Ternyata Sangat Enjoi dan Mengasikkan

Listen to this article

PONOROGO lintasjatimnews – Ribuan siswa siswi atau peserta didik baru tahun ajaran 2024 / 2025 yang sedang menjalani Program MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dari berbagai lembaga pendidikan baik tingkat SD, SMP dan SMA dan Perguruan Tinggi maupun Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Ponorogo memperoleh pelatihan dari anggota Kodim 0802/Ponorogo, Sabtu (20/07/2024).

Kegiatan yang mulai digelar pada hari Senin (15/07/2024) yang lalu melibatkan para pelatih dari Kodim 0802/Ponorogo baik yang ada di Makodim maupun Koramil jajaran Kodim 0802/Ponorogo dengan menyajikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB), Wawasan Kebangsaan serta Pembinaan Mental (Bintal).

Pelaksanaan kegiatan MPLS tersebut digelar di beberapa lokasi baik itu di Lapangan Merak Kodim 0802/Ponorogo, Gedung Paraduta Kodim Ponorogo maupun di lingkungan sekolah dimana para siswa siswi bersekolah.

Semua siswa yang terlibat dalam pelatihan tersebut merasa sangat senang dan merupakan kebanggaan tersendiri mendapat pelatihan dari Kodim 0802/Ponorogo yang para pelatihnya memang sangat tegas, penuh disiplin dan ramah serta menguasai materi.

Seperti yang dialami Farina Mar’atus Sholekhah salah satu siswi dari SMK PGRI Ponorogo misalnya, dia sangat bangga dan senang mendapat pelatihan dari Kodim 0802/Ponorogo karena bisa memperoleh pelajaran PBB dan Wawasan Kebangsaan yang membuat dirinya semakin disiplin, tegas dan berjiwa patriot.

“ Saya telah belajar disiplin, tegas dan berani. Terima kasih atas bimbingannya oleh Bapak – Bapak dari Koramil 03 Babadan, “ kata anak dari Bapak Sikus (55 tahun) asal Dusun Krajan Desa Ngunut kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan tersebut.

Begitu juga dengan Muhammad Azril Hafizin Mahardika salah satu siswa dari MAN 2 Ponorogo, dia sangat senang mengikuti kegiatan MPLS karena banyak memperoleh ilmu yang selama ini belum pernah dia didapatkan.

“ Selama empat hari disini saya banyak mendapatkan yang belum pernah saya dapat di sekolah maupun diluar. Disini bapak tentaranya dalam mengasih materi penuh enjoi dan ceria sehingga materi yang disampaikan mudah masuk, “ ujarnya.

Lain lagi dengan Elrica Candra Felicia, salah satu siswi MAN 2 Ponorogo asal Dusun Gayam Desa Gemaharjo Kec. Tegalombo Kab. Pacitan tersebut. Sambil tersenyum puas dia katakan bahwa awal mengikuti kegiatan MPLS dia mengaku sangat takut dengan TNI.

“ Pada awalnya sangat menakutkan karena dilatih oleh Bapak – Bapak Tentara, tetapi setelah saya mengikuti selama empat hari, kesan menakutkan tidak ada karena Bapak Tentara memberikan materi dengan enjoi dan sangat mengasikkan, “ ujar anak dari Bapak Edi Santoso (48 tahun) yang sehari hari sebagai perangkat desa di Desa Gemaharjo Kec Tegalombo Kab Pacitan tersebut.

Itulah ungkapan dari beberapa siswa siswi yang mengikuti kegiatan MPLS di Kodim 0802/Ponorogo yang berhasil ditemui Media Center 0802. Semoga ilmu yang didapat selama mengikuti kegiatan MPLS Kodim 0802/Ponorogo benar – benar bisa menjadikan para generasi penerus bangsa yang handal, berkepribadian, berjiwa patriot dan cinta tanah air dan bangsa.

MPLS Kodim 0802/Ponorogo yang terdiri dari berbagai sekolah baik tingkat SD / MI, SMP/ SMK / MTS, SMA / Ma dan Perguruan Tinggi serta Pondok Pesantren yang ada sekitar 123 sekolah dengan jumlah keseluruhan ada 34.603 siswa tersebut melibatkan anggota Kodim 0802/Ponorogo sebanyak 423 personel.

Untuk jumlah sekolah dan jumlah siswa yang mengikuti kegiatan MPLS bersama Kodim 0802/Ponorogo ini akan bertambah karena masih ada sekolah atau Perguruan Tinggi maupun Pondok Pesantren yang akan melaksanakan MPLS di Kodim 0802/Ponorogo.

Reporter: zaenuri.