Kades Bilebante Apresiasi Program Pembentukan Kampung Pancasila Oleh Kodim 1620/Loteng

Listen to this article

LOMBOK lintasjatimnews –  Kepala Desa Bilebante, Zainal arifin, mengapresiasi rencana pembentukan program Kampung Pancasila, oleh Kodim 1620/Loteng sebagai wadah atas segala potensi yang dimiliki oleh desa bilebante kecamatan pringgarata, kabupaten Lombok Tengah.

Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Bilebante selain sebagai wujud nyata kehidupan masyarakat, desa bilebante juga dikenal sebagai destinasi wisata hijau yang meliputi 90 persen wilayah desa bilebante adalah lahan persawahan dan memiliki kehidupan dua lintas agama.

“Kami sangat bersyukur program ini nanti nya tidak hanya memperkuat nilai-nilai kebangsaan, tetapi juga mengajarkan kepada generasi muda tentang pentingnya hidup rukun, saling menghargai, dan gotong royong,” ujarnya Kades Bilebante saat di konfirmasi di ruang kerjanya Rabu, (17/7/2024).

Menurutnya, program Kampung Pancasila ini akan mencakup berbagai kegiatan, antara lain seperti pengenalan adanya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), program ketahanan pangan wilayah, pembinaan perlawanan rakyat (Wanra) dan pengembangan potensi wisata oleh generasi muda desa bilebante melalui pembinaan karang taruna.

“Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat Bilebante dapat lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta dapat mempromosikan segala potensi yang dimiliki,” ucap Arifin.

Komandan Kodim 1620/Lombok Tengah, Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegar, melaui Danramil 09/Pringgarata Lettu Inf Hernan mengatakan, bahwa pembentukan program Kampung Pancasila oleh Kodim 1620/Loteng ini adalah salah satu bentuk pengabdian TNI khususnya TNI AD kepada masyarakat.

“Kami berharap melalui program ini, masyarakat dapat semakin memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam menjaga kerukunan dan keharmonisan di desa serta tetap berkarya dalam segala potensi yang dimiliki oleh desa bilebante,” ucapnya.

Selain itu, kegiatan ini juga mendapat sambutan hangat dari masyarakat Bilebante dengan segala kegiatan yang akan dilakukan TNI Kodim 1620/Loteng melalui Koramil 09/Pringgarata melakukan pembinaan terhadap Badan Keamanan Desa (BKD), generasi muda melalui wahana karang taruna, melakukan program ketahanan pangan dan mempromosikan segala bentuk UMKM yang dimiliki desa bilebante.

“Diharapkan masyarakat Bilebante dapat semakin solid dan harmonis, serta dapat mempromosikan desa bilebante sebagai desa wisata hijau yang dapat memberikan manfaat berkelanjutan bagi Masyarakat,” tandasnya.

Reporter : ihwan