Tiba di Bali Warga Serbu Satgas Operasi Trisila TNI AL

Listen to this article

BENOA lintasjatimnews – Ratusan warga Bali menyerbu KRI Ahmad Yani-351 yang merupakan salah satu alutista tergabung dalam Satuan Tugas Operasi Trisila-24 Tahap 3 Koarmada II TA. 2024. Tidak hanya itu warga berbondong-bondong dengan antusias menyaksikan langsung prosesi penyambutan Satgas Operasi Trisila TNI AL tersebut yang berlangsung di Dermaga Timur Pelabuhan Benoa Bali. (15/07/2024)

Dibalik ramainya warga tersebut, Satgas Operasi Trisila-24 memang sengaja menggelar Open Ship bagi seluruh warga Bali terutama Denpasar dan sekitarnya dihari pertama datang ke Bali. Direncanakan pelaksanaan Satgas Operasi Trisila-24 Tahap 3 Koarmada II TA. 2024 berada di Bali selama 3 hari dari tanggal 15 – 17 Juli 2024 dengan agenda kegiatan antara lain Open Ship, Komunikasi Sosial, Donor Darah, Olahraga Bersama serta Bersih-bersih Pantai.

Operasi Trisila ini dilaksanakan oleh TNI AL untuk menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia, utamanya di perbatasan. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan personel TNI AL dalam menghadapi berbagai ancaman maritim. Selain itu operasi ini bertujuan untuk mengenalkan TNI AL terhadap masyarakat luas, oleh karenanya tim operasi menyelenggarakan sejumlah kegiatan di Dermaga Pelabuhan Benoa, antara lain Open Ship di tiga KRI, yakni KRI A.Yani-351, KRI Layang-635, dan KRI Teluk Ende-517.

Kegiatan Open Ship dihadiri oleh siswa-siswi dari SMA Taruna Widhya Garuda Bali, Saka Bahari binaan Lanal Denpasar, Duta Maritim Universitas Udayana, Forum Maritim Bali, serta Masyarakat Kota Denpasar dan sekitarnya.

Dalam sambutannya Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) Endra Kusuma, S.T., M.Tr.Opsla., M.Han yang diwakili Perwira pelaksana (Palaksa) Lanal Denpasar menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan operasi Trisila TNI AL ini, beliau berharap dengan adanya operasi ini dapat menjamin keamanan bagi masyarakat Bali khususnya dan bagi wisatawan yang sedang berada di Bali pada umumnya.

Turut hadir menyambut kedatangan Satgas Operasi Trisila-24 Tahap 3 Koarmada II TA 2024 diantaranya Dirpolairud Polda Bali diwakili Kasubdit, Perwira dan Prajurit Lanal Denpasar, Perwakilan Kadis Kelautan dan Perikanan Prov. Bali, Kadis Perhubungan Kota Denpasar diwakili UPT Pelabuhan, Ka Kansar Denpasar diwakili Kasubag Umum, Kadis Kalautan dan Perikanan Kota Denpasar, Kapolsek KP3 Laut Benoa, Dandenjasang IX/A Denpasar, Pelindo Sub Regional Bali Nusra, Para Pimpinan Instansi Maritim Benoa, Ketua ATLI Bali, Ketua Forum Maritim Bali, Ketua WWF Indonesia, Pengurus Cabang 10 Korcab V DJA II, Universitas Udayana Denpasar, SMA Taruna Widhya Garuda Bali dan Putra Putri Maritim Indonesia.

Reporter: arahman