Kodim 0801/Pacitan Gelar Binsiap Apwil dan Puanter

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Kali ini Kodim 0801/Pacitan melaksanakan kegiatan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial di Aula Kopral Sigit Kodim 0801/Pacitan Jl. Letjen R. Suprapto No.42, Barean, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Dalam sambutannya Dandim 0801/Pacitan Letkol Arh Imam Musahirul S.H., M.I.P. mengatakan bahwa sistem Pertahanan Semesta merupakan strategi pertahanan negara Indonesia yang didukung oleh Komponen Utama, cadangan dan pendukung.

“Komponen Utama yang diperankan oleh TNI khususnya gelar Komando Wilayah (Satuan Kowil) menyelenggarakan pemberdayaan wilayah sesuai dengan amanat UU RI Nomor 34 Tahun 2004 Pasal 8d menyatakan bahwa Angkatan Darat bertugas “ melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan di Darat ”, yang direalisasikan melalui kegiatan Pembinaan Teritorial”, Ungkap Dandim. Rabu (12/07/2024).

Lebih lanjut Dandim menjelaskan Guna menghadapi era globalisasi yang akan datang dan semakin kompleksnya permasalahan yang perlu mendapat perhatian serta upaya untuk mengantisipasi tantangan tersebut, TNI AD melaksanakan pembinaan untuk meningkatkan kemampuan prajuritnya khususnya prajurit yang bertugas di jajaran satuan komando kewilayahan.

“Penyelenggaraan kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter merupakan kegiatan untuk meningkatkan kesiapan Apkowil TNI AD dalam bidang teritorial sehingga mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial di wilayah sesuai dengan dinamika yang berkembang saat ini”, Pungkas Dandim.

Melalui kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter diharapkan para Apkowil dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam menjawab tantangan tugas teritorial di wilayah binaan meskipun di lapangan banyak kendala yang dihadapi

Dandim 0801/Pacitan juga mengharapkan kepada seluruh aparat teritorial untuk melaksanakan tugas dengan sepenuh hati dan tanggung jawab untuk mengabdikan diri kepada masyarakat di wilayah tugasnya.

Hadir pada kegiatan Binsiap Apwil Dan Puanter tersebut diantaranya para Perwira Staf Kodim, Danramil, Bati Tuud dan Babinsa jajaran Kodim 0801/Pacitan.

Reporter: priyo