Dukung Program Pemerintah, Babinsa Koramil 0801/07 Ngadirojo Membantu Petani Mengairi Sawah

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Dalam upaya mendukung program ketahanan pangan pemerintah, Babinsa Koramil 0801/07 Ngadirojo aktif mendampingi para petani dalam usaha pertaniannya, seperti yg di lakukan Sertu Hartopo Babinsa dari Koramil melakukan pendampingan kepada Bapak Selamet dan Poktan Mardi Rejo II dalam melaksanakan kegiatan pengairan sawah di Desa Ngadirojo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Kamis(11/07/2024).

Inisiatif ini merupakan bagian dari tugas rutin Babinsa untuk memberdayakan petani dan meningkatkan produktivitas pertanian, Sertu Hartopo juga menekankan pentingnya teknik irigasi yang tepat untuk menjamin pertumbuhan dan hasil tanaman yang optimal. Ia juga memberikan motivasi kepada para petani agar tetap menjaga semangat dan dedikasinya sepanjang proses budidaya.

Kolaborasi Babinsa dengan petani seperti Pak Selamet dan Poktan Mardi Rejo II menunjukkan kuatnya ikatan TNI dengan masyarakat, Upaya tersebut sangat penting dalam mencapai ketahanan pangan berkelanjutan dan menjamin kesejahteraan masyarakat.

Sertu Hartopo mengatakan, pengairan dengan pompa diesel ini dilakukan, karena curah hujan mulai berkurang dan air sungai mulai menyusut. Sehingga untuk mempercepat proses pengairan dilakukan dengan bantuan mesin pompa air.

Lebih lanjut Sertu Hartopo menjelaskan, seperti tanaman padi pada umumnya, juga membutuhkan pengairan secara teratur, saat kapan padi harus diairi, begitu pula sebaliknya kapan tanaman padi harus dikurangi airnya.

“Jika proses tersebut dilakukan secara tepat dan benar, maka tanaman padi akan tumbuh dan berkembang secara normal dan maksimal sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian”. Pungkas Babinsa.

Reporter: priyo