Cegah DBD, Babinsa Sudiroprajan Bantu Pelaksanaan Fogging di Wilayah Binaan

Listen to this article

SURAKARTA lintasjatimnews – Mencegah merebaknya wabah penyakit Demam Berdarah (DBD) di wilayah, Serka Jhony Dedy Tamonob dan Serda Watono selaku Babinsa Kelurahan Sudiroprajan Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta melaksanakan kegiatan pendampingan pengasapan/Fogging dari Dinas Kesehatan di Wilayah Rw 5 dan Rw 6 Kelurahan Sudiroprajan Kecamatan Jebres, Sabtu (06/07/2024).

Membantu dalam pelaksanaannya, Babinsa Serka Jhony menyampaikan kepada warga yang rumahnya akan dilakukan pengasapan agar membuka pintu rumah dan jendela serta menempatkan barang-barangnya seperti makanan atau minuman maupun hewan peliharaan seperti burung dan lain-lainnya di tempat yang aman.

“Pengasapan dilakukan bertujuan untuk mengurangi populasi nyamuk Aedes aegypti, sehingga risiko penularan penyakit DBD akibat gigitan nyamuk dapat ditekan.”ujarnya.

“Agar pengasapan bisa maksimal masuk ke ruang rumah, dihimbau kepada warga agar membantu untuk menyelamatkan barang-barangnya di tempat yang aman untuk sementara waktu.”terangnya.

Lebih lanjut Serka Jhony mengatakan, untuk memberantas nyamuk dengan maksimal, dirinya juga menghimbau kepada warga masyarakat agar melakukan kegiatan 3M yaitu menguras bak dan tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, dan memanfaatkan kembali barang-barang bekas yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Cara ini dinilai lebih efektif untuk pencegahan berkembangnya nyamuk Aedes aegypti.

“Dihimbau kepada warga masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sehingga dapat menciptakan lingkungan yang sehat sehingga wilayah terhindar dari wabah penyakit Demam Berdarah (DBD).” pungkasnya.

(Arda 72)