Workshop Modernisasi Usaha Koperasi Salah Satu Upaya Membangun Jejaring dan Kerjasama antar Koperasi di Jatim

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Jawa Timur menyelenggarakan acara Workshop Modernisasi Usaha Koperasi tahun 2024, di Hotel The Southern Surabaya, Jalan Raya Jemursari 110-111 Surabaya, hari Kamis-Jumat, 4-5/7/2024.

“Dasar pelaksanaan Workshop yaitu surat keputusan kepala dinas koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Jawa Timur, sedangkan biaya kegiatan workshop melalui anggaran APBD provinsi Jatim tahun 2024, dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang dari 25 koperasi sektor riil” Penyampaian Achmad Herdana, S.T. Ketua Panitia workshop dalam sambutannya.

Herdana melanjutkan, “Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman pengurus dan anggota koperasi tentang pentingnya modernisasi usaha koperasi, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kepada pengurus dan anggota koperasi tentang bagaimana melakukan modernisasi usaha koperasi, dan bagaimana membangun jejaring dan kerjasama antar koperasi” katanya

“Kami mewakili segenap panitia mengucapkan terimakasih atas partisipasi aktif bapak dan ibu peserta workshop, dan mohon maaf jika dalam penyelenggaraan terdapat kekurangan, dengan harapan semoga kegiatan ini bisa membawa manfaat bagi semuanya” harapan Herdana dalam sambutannya.

Dra. Susanti Widyastuti, M.T. Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi mewakili Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, Dr. Andromeda Qomariah, M.M membuka acara Workshop Modernisasi Usaha Koperasi tersebut.

Dra. Susanti, M.T, dalam sambutannya menyampaikan, “Kegiatan Workshop Modernisasi ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Jawa Timur, untuk membantu koperasi-koperasi yang ada di Jawa Timur guna dapat mengembangkan skala usaha dan juga bakat modernisasi usaha” ulasnya Susanti.

Terang Susanti selanjutnya, “Yang mana pada saat ini modernisasi usaha merupakan suatu hal yang sangat penting, sehingga mau tidak mau hampir semua koperasi sangat membutuhkan modernisasi usaha”

“Perlu kami sampaikan bahwa pencapaian ekonomi yang ada di Jawa Timur ini pertumbuhannya sangat cukup luar biasa yang banyak disumbang oleh koperasi dan UKM, dari jumlah pertambahan ekonomi sebanyak 59,19% merupakan sumbangsih dari koperasi dan UKM yang ada di Jawa Timur, sehingga Koperasi dan UKM menjadi tulang punggung perekonomian yang ada di Jawa Timur” terangnya

Katanya, “Dengan kepiawaian koperasi dan UKM diharapkan Koperasi semakin maju, sejahtera dan tentunya semakin dapat menerapkan azas-azas koperasi yang selama ini dianut”

“Pada era globalisasi saat ini tentu koperasi dihadapkan pada berbagai tantangan dan peluang, dengan tekhnologi yang serba digital maka tentu koperasi harus mengikuti perkembangan zaman. Untuk itu meningkatkan daya saing dan keperdulian koperasi kita di masa yang datang merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari lagi”

Terang Susanti kembali, “Esensi dari modernisasi ini adalah proses transformasi dari keadaan tradisional menuju keadaan yang lebih maju, hal ini tentu melibatkan perubahan dari pola pikir nilai-nilai dan perilaku untuk mengadopsi cara-cara yang lebih modern”

“Modernisasi usaha dapat dilakukan dengan memanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pengolahan koperasi”

“Membangun kerjasama dengan berbagai fihak merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk baik itu di sektor pemerintah, swasta, dan dengan lembaga keuangan maupun perguruan tinggi. Selain itu modernisasi usaha tidak dapat di lakukan tanpa melakukan perbaikan tatakelola, management keuangan dan organisasi tentu perlu di revitalisasi” jelaskan.

Salah satu peserta dari Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani, Agus Setyawan, merasa senang diberikan kesempatan mengikuti acara workshop tersebut.

Agus Setyawan menyampaikan rasa gembiranya, “Hari ini merupakan ajang silaturahmi dan belajar saling mengetahui tentang koperasi satu dengan yang lainnya, belajar ilmu pengembangan modernisasi usaha koperasi yang sangat bermanfaat untuk kami terapkan dalam bisnis Koperasi kami nantinya” katanya.

Reporter : Heni