IGI Lamongan Adakan Diklat Persiapan Tahun Pelajaran Baru

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Dalam rangka persiapan Tahun Pelajaran 2024-2025 Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Lamongan mengadakan Pelatihan Menyusun Modul Ajar Kurikulum Nasional Cepat dan Berkualitas dengan Canva dan Artificial Intelejensi (AI). Kegiatan direncanakan dengan dua mode; tatap muka (luring) dan zoom meeting (daring).

Kegiatan pelatihan tatap muka (luring) ditempatkan di Universitas Islam Lamongan (Unisla), Sabtu (6/7/2024) dan sekaligus pembukaan. Sedangkan kegiatan daring (zoom meeting) diselenggarakan har Ahad – Senin (7-8/7/2024), bimbingan teknis penyusunan modul ajar, diskusi, dan penugasan. Pelatihan dibuka untuk umum bagi guru pada jenjang satuan pendidikan SD/SMP/SMA/SMK.

Peserta akan mendapatkan materi tentang: Modul Ajar Sesuai Standar Isi Terbaru dan Bimbingan Menyusun Perangkat Pembelajaran. Adapun pemateri disampaikan oleh Ir Munif Syarif, MM (Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan). HM Khoriul Anam, SAg, MAg (Plt Kepala Kemenag Kabupaten Lamongan), Sukari, SPd, MPd (Ketua IGI Wilayah Jawa Timur), Ekwanto (NS BPB Kemdikbud Implementasi Kurikulum Merdeka). Sedangkan moderator pelatih adalah Anis Al Aminatuf Ws, MPar dan Dwi Ita Agustina, MPd.

Pendaftaran Diklat Menyusun Modul Ajar, terakhir ditutup tanggal 5 Juli 2024 pada link: https://bit.ly/RegDiklatMembuatModul.

Ketua IGI Lamongan di Ekwanto, MPd, menyampaikan kepada reporter lintasjatinews.con, “Landasan dasar kegiatan ini adalah Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024, tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kedua, Permendikbudristek No. 026/H/KR/2024, tentang Satuan Pendidikan Pelaksana IKM,” jelasnya.

Selanjutnya, pria yang bertugas di SMKN 1 Kelitengah ini merinci tujuan kegiatan pelatihan, di antaranya;

  1. Memberikan pemahaman yang mendalam mengenai Kurikulum Merdeka.
  2. Melatih guru dalam menyusun modul ajar yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
  3. Meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Sementara itu, laporan dari ketua panitia pelatihan, Kacung, MPd, menyampaikan, “Seluruh persiapan panitia telah mencapai 80%, tingga pelaksaan di hari H-nya. Insya Allah, Jum’at siang panitia akan melakukan check-in akhir di lokasi kampus Unisla,” pungkasnya.

Lebih lanjut Guru MA Negeri 2 Lamongan, berharap, “Panitia sudah berusaha dengan maksimal, mohon doanya semua pihak. Semoga kegiatan pelatihan IGI Lamongan berlangsung dengan lancar dan sukses. Amin,” demikian harapannya.

Reporter: Efendy