Berjumpa Sahabat Maya di Acara Bimtek Dana BOSP 2024 Disdik Lamongan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Seminggu yang lalu Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lamongan menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Dana BOSP (Bantuan Oparasional Santuan Pendidikan) 2024 angkatan ketiga bagi satuan pendidikan SMP se Kabupaten Lamongan.

Bimtek diikuti Kepala Sekolah dan Bendahara BOSP SMP Negeri berjumlah 48 lembaga, sedangkan SMP Swasta berjumlah 106 lembaga. Acara bertempat di Golden Tulip Holland Resort (Kompleks Panderman Hills) Batu, Malang dengan mengambil tema: “Bimtek Dana BOSP Berbasis Sumber Daya Sekolah (SDS) Pada Pemerintah Daerah Tahun 2024”.

Kegiatan dibuka resmi Kepala Disdik Kabupaten Lamongan (Ir Munif Syarif, MM), selama 3 hari acara berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Pada hari ketiga acara ditutup oleh Dr Chusnu Yuli, MPd (Sekretaris Disdik Kabupaten Lamongan).

Moment Spesial Berjumpa dengan Sahabat Istimewa

Selama tiga kegiatan peserta tidak hanya menerima materi, tetapi juga menjadi ajang silaturrahim dan mini reuni di antara peserta satu dengan lainnya. Sahabat lama yang tidak pernah bertemu lagi karena mutasi tugas, sahabat alumni saat sekolah/kuliah, sahabat organisasi, dan bahkan teman bermain sedesa/sekampung.

Moment spesial dan istimewa benar-benar dimanfaatkan peserta untuk ngoblor dengan santai di saat jeda pergantian materi atau coffee break, saat sarapan, makan siang dan makan malam. Peserta mengenang kebersamaan di masa lampau yang diungkapkan selama berjumpa tiga hari, tidak lupa mereka mengabadikan dengan foto bersama dan selfie (self potreit).

Ada juga peserta yang berjumpa dengan teman yang dikenal lewat alam maya sebagai netizen (warga internet) di berbagai media sosial (medsos). Saya termasuk beruntung bertemu dengan sahabat istimewa yang kenal lewat medsos dalam wadah Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Bersama dengan sahabat IGI Lamongan, Shoham, SSos. (Kepala SMP IT Insan Mulia Brondong) berangkat dari Pantura Lamongan mengikuti Bimtek Pengelolaan Dana BOSP 2024 di Batu Malang. Alhamdulillah, benar-benar kejadian nyata di tempat acara bertemu dengan Sekjen (Sekretaris Jenderal) IGI Pusat dan Pengurus IGI Kabupaten Lamongan.

Sungguh beruntung bisa silaturrahim dengan dua Srikandi Lamongan yang hebat sebagai aktivis di organisasi IGI. Selain menjabat di IGI, Hibatun Wafiroh, SPd Si MPd yang menjabat sebagai Kepala SMP Negeri 2 Kadungpring dan Ayu Nila Wati, SPd sebagai Kepala SD Negeri Butungan Kalitengah.

Di acara Bimtek Pengelolaan Dana BOSP 2024, Ayu Nila Wati, SPd yang bertugas sebagai Pembawa Acara (Master of Seremony) dengan suara yang khas membuat peserta terpana. Sedangkan Hibatun Wafiroh, SPd Si MPd sebagai peserta dengan serius dan santai mengikuti acara sesuai jadwal yang disusun panitia.

Selain itu, ada satu lagi Srikandi berasal dari Kecamatan Kalitengah yang menjabat sebagai kepala SMP Negeri 2 Karangbinangun, Choridatul Ilmiyah, SAg MPd. Wanita berdarah santri tulen dan aktivis Fatayat, salah satu organisasi Badan Otonom (Banom) NU. Pernah menjabat juga sebagai bendahara umum dalam orgaisasi Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Lamongan Periode 2014-2019.

Walaupun tidak sempat berbincang-bincang banyak dengan ketiga Srikandi tersebut. Namun silaturrahim singkat di dunia nyata dengan aktivis yang hebat merupakan peristiwa langka dan menjadi motivasi tersendiri untuk senantiasa konsisten berinovasi dalam dunia pendidikan.

Acara Bimtek Pengelolaan Dana BOSP Tahun 2024 dalam perspektif agama Islam dapat dikatagorikan sebagai salah satu bentuk silaturrahim. Setiap silaturrahim akan mambawa kebaikan, sebagaimana HR. Bukhari Muslim yang artinya: “Barang siapa yang ingin diluaskan rizkinya dan diperpanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturrahim”.

Kontributor: Efendy