Siswa SMPN 2 Kedungpring Lamongan Ikuti Launching dan Talkshow Buku MGB di Jakarta

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Greysia Polii merupakan salah satu atlit nasional peraih medali emas Olimpiade di Tokyo tahun 2020 meluncurkan buku biografi yang berjudul “Menembus Garis Batas” (MGB), Sabtu (29/6/2024), di Annext Building Wisma Nusantara Jakarta Pusat. Acara ini dihadiri tokoh nasional dari kalangan; atlit, perwakilan guru dan siswa, serta artis yang peduli pendidikan.

Acara keren ini dikemas dengan sangat apik dan menarik, Felix Djimin selaku Project Lead menyampaikan bahwa MGB bukan hanya tentang buku atau bacaan, tapi akan menjadi sebuah gerakan. MGB tidak hanya menginspirasi saja, tetapi diharapkan mampu membawa perubahan positif bagi anak bangsa. Buku-buku ini akan didonasikan kepada guru-guru dan siswa melalui Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Greysia Polii mengungkapkan, “Bagi saya, keberhasilan tidak hanya tentang meraih medali emas di Olimpiade. Lebih dari itu, keberhasilan adalah bagaimana saya bisa melampaui batasan diri dan memberikan dampak positif pada orang lain. Salah satunya lewat nilai-nilai yang saya bagikan dalam buku ini,” ungkapnya.

Greysia Polii mengajak berbagai pihak untuk berjalan bersama untuk generasi muda Indonesia, “Saya berharap semangat MGB bisa sampai ke anak-anak di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, buku ini akan didonasikan ke guru-guru, sekolah-sekolah dan perpustakaan di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Para tamu dan undangan tampak terharu menyimak tayangan video of Greysia Polii’s Journey yang luar biasa. Ditambah lagi dengan perform Reading Monolog by Greysia Polii, moment mengharukan dan benar-benar menyentuh hati bagi peserta.

Acara semakin menarik ketika sesi Inspirational Talk yang menghadirkan Denny Sumargo dan Najwa Shihab dimulai. Denny memaparkan pengalamannya dalam menembus garis batas. Sementara Mbak Nana, panggilan akrab Najwa Shihab yang mengupas 4 hal dalam menembus garis batas dalam buku Greysia.

Setelah sesi Action Statement, Donna Agnesia selaku MC mengundang guru-guru IGI dan perwakilan pelajar Indonesia ke depan untuk bersama-sama meluncurkan buku MGB. Perwakilan pelajar dari satuan pendidikan SD diwakili oleh Gabriel Krishna Carel (SDN 3 Kotakarang Bandar Lampung), jenjang SMP diwakili Jefer Ardi Saputro (SMP Negeri 2 Kedungpring Lamongan Jawa Timur), dan SMA/SMK diwakili Lathifa Aulia Prasetyo (SMKS Muara Indonesia Jakarta).

Jefer Ardi Saputro senang dan bangga dapat terlibat langsung dalam kegiatan ini, “Acaranya keren banget. Saya sangat bersyukur, dari desa di sini bisa ketemu dengan para tokoh-tokoh inspiratif dari beragam lapisan. Banyak ilmu dan pengalaman luar biasa yang saya dapatkan,” ujarnya

Hibatun Wafiroh, MPd, Kepala SMP Negeri 2 Kedungpring dan sekaligus Sekretaris Jenderal IGI, mengatakan, “Bahwa para guru dan siswa diundang di acara Launching Buku dan Talkshow Inspiratif adalah mereka yang siap untuk bergerak Bersama-sama,” katanya.

“MGB bukan buku biasa, tetapi buku yang menginspirasi dan memberikan memotivasi, bahkan bisa menggerakkan pembacanya. Kami siap bergerak Bersama-sama, karena kami percaya hanya orang-orang yang luar biasa yang bisa menembus batas,” ujar Bu Wafi penuh semangat.

Turut hadir tamu kehormatan dalam acara diskusi dan bedah buku MGB, di antaranya: Raja Sapta Oktohari (Ketua Umum NOC Indonesia), Sutiyoso, Agum Gumelar, Zainudin Amali, Agung Firman Sampurna (Ketua Umum PP PBSI), Muhammad Fadil Imran (Sekretaris Jenderal PP PBSI), dan Pengurus Pusat IGI.

Reporter: Efendy