Peka Kondisi Alam Sekitar, Babinsa Koramil 0801/02 Kebonagung Ajak Anggota Saka Wira Kartika Bersihkan Pantai

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Selain harus memiliki jiwa kedisiplinan yang tinggi, sebagai anggota saka wira kartika juga di tuntut untuk peduli dalam menjaga kelestarian lingkungan, baik dari kerusakan maupun pencemaran akibat sampah.

Sebagai wujud kecintaan terhadap kelestarian alam, Babinsa Koramil 0801/02 Kebonagung Kodim 0801/Pacitan bersama anggota saka wira kartika, melaksanakan karya bakti pembersihan lingkungan sekitar pantai Kali Uluh, yang berada di Desa Klesem, Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan, Minggu (30/06/2024).

Aksi sosial bersih-bersih tersebut juga bertujuan untuk membangkitkan kembali kesadaran masyarakat dalam menciptakan keindahan dan lingkungan yang sehat, sehingga pantai terbebas dari sampah. Harapannya, jika lingkungan pantai bersih akan menarik minat wisatawan datang untuk berkunjung.

Dikatakan oleh Sertu Dian, bahwa pantai Kali Uluh merupakan salah satu tujuan wisata yang harus dijaga kebersihannya. Ketika ada sampah berserakan, hal itu akan menjadi faktor utama yang mempengaruhi aspek estetika keindahan dan kenyamanan bagi para pengunjung.

“Kita tak hanya sekedar melakukan pembersihan saja, namun aksi ini juga untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, minimal menggugah kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarangan”, katanya saat berada di lokasi.

Ia menjelaskan, bahwa aksi sosial ini juga menunjukkan kontribusi nyata dalam melindungi biota yang ada di laut dari pencemaran akibat sampah, disamping merupakan upaya mitigasi terhadap bencana alam di pesisir pantai.

“Kami sangat mengapresiasi atas apa yang dilakukan adik-adik saka wira kartika. Dari antusias dan semangat yang ditunjukkan, sebagai kader-kader pemimpin bangsa, mereka memiliki kepekaan sosial yang tinggi terhadap kelestarian alam sekitar”, ungkapnya.

Reporter: feri