Silaturahmi Tindaklanjut KPH Pasuruan pada Usulan Kop SIM

Listen to this article

MOJOKERTO lintasjatimnews – Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Pasuruan bersilaturahmi ke basecamp Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani, peternakan Domba yang terletak di pinggir hutan Blogong Gumeng Gondang Mojokerto, Kamis 27/6/2024.

Dari pihak KPH yang berkunjung antara lain,

  1. Yayan Hariyanto, Kasi Perencanaan Pengembangan Bisnis KPH Pasuruan.
  2. John Sapulette, Kasi Produksi dan Ekowisata KPH Pasuruan.
  3. Ngatemin, Kasi Hukum Kepatuhan Agararia dan Komunikasi Perusahaan KPH Pasuruan.
  4. Mohamad Soleh, Asper BKPH Jatirejo KPH Pasuruan.
  5. Marsahid, Ka Resort RPH Pandansari BKPH Jatirejo
  6. Bandung Wijianto, Staf RPH Pandansari, BKPH, Jatirejo.

Yayan Hariyanto, Kasi Perencanaan Pengembangan Bisnis KPH Pasuruan dalam kunjungannya ketika ditemui awak media menyampaikan, “Hari ini kami dari KPH Pasuruan Silaturahmi ke Peternakan Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani ini yang dekat dengan kawasan hutan kami di Blogong, Silaturahmi dalam upaya menindaklanjuti tentang usulan Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani yang tertulis dalam proposal yang sudah kami terima”

Yayan menguraikan banyak penyuluhan dalam silaturahmi tersebut, “Ada beberapa hal yang kami sampaikan berkaitan dengan ketentuan dalam perhutani mana yang boleh dan tidaknya, jadi memberikan pemahaman supaya kerjasama kedepan akan berjalan sesuai dengan yang di harapkan”

“Kami sangat mengapresiasi dengan adanya program yang disampaikan oleh tim Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani, dan Silaturahmi ini nanti akan berlanjut dan berproses”, kata Yayan memberikan supportnya.

“Terkait dengan peraturan yang sekarang ada, memang kelolah hutan salah satunya selain prinsip kelestariannya, juga perhutani ini juga menggalakkan kerjasama berupa agroforestri dan lain sebagainya, hal ini tujuannya semata-mata supaya masyarakat di sekitar hutan perekonomian nya lebih bagus” terang Yayan.

Kata Yayan lagi, “Program-program ini tentunya tidak seperti yang masyarakat fikirkan sebelumnya bahwa kelola hutan ini tetap berbasis pada pelestarian, mangkanya nanti terhadap Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani yang bekerjasama dengan perhutani kita support, artinya dengan memahami dan menerapkan peraturan sebagaimana mestinya”.

Dari Pihak Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani sebagai tuan rumah tampak Ketua Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani, Bardio Novianto, Sekretaris Koperasi, Heniati, Pengawas, H.Chuzainul dan H. Sentot Adi Pramono, Koordinator Divisi Pertanian dan Perkebunan, menyambut rombongan Silaturahmi dari KPH Pasuruan tersebut.

Ketua Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani, H. Bardio Novianto, mengatakan, “Alhamdulillah terimakasih atas kunjungan KPH Pasuruan ke basecamp dan peternakan kami yang di Blogong, yang mana memang di pinggir kawasan hutan Blogong wilayah KPH Pasuruan” jelasnya.

“Program-program usulan kami sudah di tanggapi dan banyak harapan dari kami pihak Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani dan pihak KPH perhutani untuk pembangunan perekonomian rakyat dengan agroforestri ini” harapan Bardio.

“Usulan yang sudah kami konsep dalam proposal akan segera kami perbaiki sesuai dengan arahan dari KPH Pasuruan. Kerjasama ini dengan tujuan yang baik, kami punya harapan dan impian besar dari kerjasama ini kedepannya”, kata H. Sentot Adi Pramono, koordinator Divisi Pertanian Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani.

Sentot lanjut berkata, “Arahan dan petunjuk yang sudah di sampaikan akan segera kami laksanakan dan kami siapkan untuk bahan presentasi bisnis agroforestri ini secepatnya, sebagai bentuk keseriusan kami dalam usulan kerjasama ini, banyak hal yang kami kerjakan untuk upaya terwujudnya kerjasama ini”.

Reporter : Heni