Lamongan Tempo Doeloe Hadirkan Suasana 455 Tahun Silam

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Mengambil tajuk Nostalgia Jaya, kegiatan tahunan Lamongan Tempo Doeloe dibuka oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di Kawasan Gajah Mada pada Kamis malam (27/6/2024)

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mereplikasi suasana kejayaan Lamongan pada 455 tahun silam. Diterangkan beliau, bahwa pada kesempatan tersebut masyarakat dapat merasakan bagaimana gambaran Lamongan di masa lampau.

Lanjutnya, nostalgia Jaya ini maksudnya menghadirkan kembali kejayaan Lamongan di masa lampau. Kita hadirkan kembali dalam kesempatan ini sehingga kita bisa merasakan bagaimana kira-kira Lamongan pada saat 455 tahun yang lalu.

“Suasananya Insyaa Allah seperti ini, tentram, aman, guyub, rukun, dan alhamdulillah menjadikan kebahagiaan bagi kita semua,” jelas mantan Sekda Lamongan ini

Ditambahkan Bupati Yuhronur bahwa dalam kegiatan Lamongan Tempo Doeloe yang digelar 4 hari mulai 27 hingga 30 Juni ini. Selain telah disuapkan berbagai rangkaian acara mulai campursari hingga demo memasak, juga disuguhkan betbagai majanan, jajanan, hingga mainan tempo dulu.

Diterangkan doktor lulusan Universitas Brawijaya Malang ini, di Lamongan Tempo Doeloe nanti banyak kita disuguhkan makanan-makanan tempo dulu. Ada jajanan-jajanan tempo dulu yang ini menjadi potensi kita semua.

“Potensi masyarakat Lamongan, menjadi soft skill kekuatan untuk branding Lamongan. Sehingga apa saja yang dimasak orang Lamongan ini bisa terkenal masyhur sampai seantero negeri,” urai Bupati kelahiran Karanggeneng Lamongan ini

Sementara itu, Sekretaris Daerah Lamongan Moh. Nalikan menjelaskan dalam kegiatan Lamongan Tempo Doeloe Tahun 2024 ini diikuti oleh 131 stand. Meningkat dibanding tahun sebelumnya yang diikuti oleh 114 stand baik dari OPD, kecamatan, BUMN, BUMD, dan Swasta, juga UMKM.

Lebih lanjut diungkapkan Nalikan jumlah stand di Lamongan Tempo Doeloe ini ada 131 stand, terdiri dari 84 stan Jadul (Jaman Dulu) dari OPD, kecamatan, BUMD, BUMN, dan swasta, selanjutnya 47 stand dari UMKM.

“Bazar produk-produk yang dipamerkan diantaranya makanan, jajanan, minuman, hasil laut, hasil karya UMKM binaan instansi daerah BUMN dan swasta. Pameran yang ada di kegiatan Lamongan tempo dulu ini diantaranya ada hiburan campursari, pentas seni remaja, musik tembang kenangan, demo masak, juga keroncong,” pungkas Sekda Nalikan.

Reporter Fathurrahim Syuhadi