Apa Kata Asper Jatirejo dan KRPH Pandansari Tentang Usulan Koperasi SIM?

Listen to this article

MOJOKERTO lintasjatinews – Asper BKPH Jatirejo dan RKPH Pandansari BKPH Jatirejo turut hadir dalam silaturahmi KPH Pasuruan ke Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani di Basecamp Blogong Gumeng Gondang Mojokerto, Kamis 27/6/2024.

Sebagai pemegang wilayah hutan Blogong, Mohammad Soleh, Asper BKPH Jatirejo bersama Marsahid KRPH Pandansari BKPH Jatirejo turut serta menghadiri silaturahmi tindaklanjut usulan Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani oleh Tim KPH Pasuruan.

“Dengan adanya kerjasama dengan koperasi ini, di harapkan bisa mengangkat SDM Masyarakat Blogong dan sekitarnya, terkait dengan ekonominya. Karena disini ekonomi nya menengah kebawah”, harapan Mohammad Soleh Asper BKPH Jatirejo KPH Pasuruan ketika ditemui awak media.

“Dan tidak kala pentingnya dari kawasan hutan Blogong ini, untuk menjadikan hutan lestari perlu adanya penggiat-penggiat seperti Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani ini, sehingga orang yang berbuat negatif nantinya akan tumbuh rasa meniru dan mencontoh yang dilakukan koperasi ini” kata Soleh.

“Sehingga kami pada saat patroli masuk kawasan tidak mendapati lagi adanya gangguan pada ekosistem hutan, masyarakat sekitar dengan di canangkan program agroforestri koperasi ini bisa berfikir ulang untuk melakukan hal yang negatif tersebut, apalagi pada musim kemarau sering terjadi kebakaran hutan, dan kedepan bisa di minimalisir dan bisa mengangkat perekonomian masyarakat”

Soleh menyambung penyampaiannya, “Masyarakat yang pengangguran bisa termanfaatkan tenaganya di sini, mungkin dengan koperasi ini bisa memberikan pelatihan cara bercocok tanam yang baik dan benar, dan juga para wanitanya bisa di bina menjadi pengusaha UMKM yang bisa menghasilkan produk yang bisa jadi produk unggulan Blogong ini”, urainya.

“Terimakasih atas pertemuan Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani dengan tim KPH Pasuruan, kami sebagai pemegang wilayah sangat respont sekali karena tujuannya juga untuk kemakmuran masyarakat sekitar hutan, kesejahteraan koperasi dan pelestarian hutan, harapan kami tidak ada gab, jadi semua bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada pihak yang di rugikan dalam kerjasama tersebut” ujar Marsahid, KRPH Pandansari BKPH Jatirejo, penuh harap.

Bardio Novianto, Ketua Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani menyampaikan kegembiraannya, “Alhamdulilah Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani merasa senang atas kunjungan dari KPH Pasuruan, Asper BKPH Jatirejo serta KRPH Pandansari BKP Jatirejo di Basecamp kami yang ada di Blogong ini”

“Tentunya kami punya harapan adanya kolaborasi atas kerjasama ini, supaya langkah kami sesuai dengan arahan, karena kami bersama dengan pihak yang lebih faham tentang hutan, sehingga lebih mudah untuk mengaplikasikan konsep agroforestri ini”, Bardio penuh harap.

Sentot Adi Pramono, koordinator Divisi Pertanian dan Perkebunan Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani berharap, “Apa yang merupakan program Koperasi ini nantinya mendapat support penuh dari pihak-pihak pemegang wilayah. Impian integrated Farming akan terwujud dengan baik”

“Bisnis jika dikelolah dengan serius dan benar, sesuai dengan aturan akan membawa keberkahan bagi semuanya, mungkin bisa jadi kedepannya wilayah ini bisa jadi bisnis hutan percontohan yang ada di Jawa Timur khususnya” Sentot menyampaikan impiannya.

Reporter : Heni